|  | 

Agenda Reses

Masa Reses, Begini Agenda Ketua Fraksi PKB

Reses HFZ_4 Pilar

NTB- Agenda reses Ketua Fraksi PKB, Helmy Fasihal Zaini diisi dengan berbagai macam kegiatan di daerah pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Barat. Mulai dari sosialisasi 4 pilar kebangsaan, serap aspirasi dan bertemu dengan tokoh masyarakat di daerah yang memiliki keindahan alam luar biasa ini.

Kegiatan pertama diisi dengan acara sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Pesantren Nurul Ulum, Kab. Dompu, NTB. Didepan ratusan santri Ketua DPP PKB menjelaskan pilar-pilar kebangsaan seperti UUD 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Kondisi bangsa ditengah gempuran ideologi transnasional, semua elemen bangsa perlu menjaga bangsa Indonesia dengan memahami pilar kebangsaan agar tidak tergoyahkan.

"Pilar kebangsaan sangat penting diketahui para santri agar tidak tergoda dengan ideologi lain. Pesantren harus menjadi benteng gempuran ideologi lain dan gerakan radikalisme yang muncul," jelas Helmy didepan santri yang serius mendengarkan paparan mantan Menteri PDT ini di Dompu, Senin (11/5).

Tidak lupa dalam pertemuan tersebut, sebagai anggota Komisi X, Helmy menyempatkan menyinggung tentang pentingnya pendidikan karakter untuk merespon bonus demografi. Di Indonesia sendiri diperkirakan mengalami puncak momentum bonus demografi pada kurun tahun 2028-2031. Pada kurun tahun itu 100 orang usia produktif menaggung 4,9 orang dengan usia tidak produktif lagi.

Ia mengutip Thomas Lickona yang mengatakan ada lima tanda kehancuran sebuah bangsa yang berdampak pada karakter peserta didik. Pertama, meningkatnya kekerasan di kalangan remaja. Kedua, penggunaaan bahasa dan kata-kata yang buruk. Ketiga, pedoman moral baik dan buruk semakin kabur. Keempat, etos kerja menurun. Kelima, ketidakjujuran dan rasa saling curiga antara sesama semakin membudaya. Lima tanda yang diungkapkan oleh Lickona tersebut sampai hari ini masih banyak kita temui menghiasi dunia pendidikan Indonesia.

"Oleh karenanya dalam momentum menyambut bonus demografi ini revitalisasi pendidikan karakter adalah persoalan yang tidak bisa dikesampingkan adanya jika kita tidak ingin keberkahan bonus demografi ini menjadi sesuatu yang sia-sia belaka atau bahkan malah menjadi bencana," tutur Ketua Fraksi PKB ini.

Usai melakukan sosialisasi di Kab. Dompu, Helmy Faishal Zaini melanjutkan agenda pertemuan dengan tokoh masyarakat dan serap aspirasi di Praya, Lombok Tengah. Secara geografis Dapil NTB memiliki medan menantang, menyeberang lautan dan menaiki perbukitan menjadi kenikmatan tersendiri bagi Helmy yang memiliki hobi fotografi ini.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.