|  |  | 

Agenda Reses Berita Nasional

Pak Bach: Mengamalkan Empat Pilar Kebangsaan Dapat Pahala

TEGAL -Empat pilar kebangsaan merupakan nilai sublimasi keislaman yang telah dirumuskan oleh para ulama, kiai, dan pendiri bangsa. Maka pengamalannya bukan hanya akan membangun dampak positif secara sosial, tapi juga bisa mendapatkan pahala secara personal.

"Di dalam Pancasila itu ada nilai-nilai luhur yang itu bersumber dari Al-Qur'an. Seperti persatuan, kemanusiaan, dan keadilan, itu ada ayatnya di Al-Qur'an. Maka mengamalkannya pasti dapat pahala ," demikian disampaikan Bachrudin Nasori dalam acara sosialisasi empat pilar kebangsaan yang dilaksanakan di kantor MWC NU Margasari, Tegal (31/03/23).

Pak Bach, sapaan akrabnya, empat pilar kebangsaan kebangsaan sebagai nilai pokok bangsa Indonesia. Meski bangsa Indonesia terdiri dari banyak suka dan agama namun nilai-nilai luhur itu diterima oleh semua golongan. "Sebab ini adalah nilai universal yang diakui dan diterima semua agama dan semua kelompok. Dengan menjadikannya sebagai rujukan, bangsa ini mampu saling menghormati dan saling menjaga persatuan," katanya lagi.

Acara sosialisasi empat pilar kebangsaan ini dikemas bersama dengan acara doa dan buka puasa bersama. Lebih dari 150 orang peserta hadir dalam kegiatan ini dari tokoh masyarakat hingga kelompok pemuda.

Secara khusus Pak Bach juga menyampaikan pesan agar lebih kuat mengamalkan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 45 bersamaan dengan momentum bulan ramadhan ini.

"Mumpung ini ramadhan, setiap amal akan mendapat pahala berkali lipat. Maka mengamalkan empat pilar kebangsaan juga insya Allah pahala akan berkali lipat".

"Lewat tradisi kita, mayeng-mayeng (keliling-red) ke saudara, tetangga, konco-konco kita jalin terus persaudaraan dan perkuat persatuan," tegas Bachrudin.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.