|  | 

Suara Dapil

PKB Sulsel Perjuangkan Kedaulatan Petani

MAKASSAR-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulsel berjanji akan memperjuangkan kedaulatan petani, yang selama ini kerap diabaikan pemerintah utamanya yang berdomisili di daerah terpencil.

“PKB akan terus memperjuangkan kedaulatan petani dan pangan. Kami siap bersama pemerintah agar fokus membuat kebijakan yang mampu mendorong peningkatan kesejahteraan petani, dan mampu memastikan ketahanan pangan,” tandas Ketua DPW PKB Sulsel Azhar Arsyad di Kantor Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB Sulsel, kemarin.

Azhar menguraikan, dalam pandangan PKB, meski Sulsel cukup kuat di bidang pangan. Namun, kenyataan yang terjadi pertanian salah satu sektor yang mengalami liberalisasi. Dia mencontohkan maraknya buah impor, dan sejumlah komoditas impor lainnya. “Bahan impor tetap akan masuk, mengingat kebijakan impor sebagai jalan pintas masih saja diterapkan. Petani akan mengalami hambatan disebabkan kebijakan demikian.

Ini yang kita ingin perjuangkan, dengan mengawal kedaulatan petani,” tambah Azhar. Sekretaris DPW PKB Sulsel, Ahmad Sunnary menguraikan, data soal impor beras secara nasional yang mencapai angka 2 juta ton lebih. Belum lagi, laju alih fungsi lahan produktif setiap tahunnya mengalami peningkatan, yang masih sangat sulit dibendung. Sehingga jika tidak ada langkah dari dini, dampaknya bakal menyengsarakan petani.

Untuk itu, disamping memperjuangkan kedaulatan petani, pihaknya juga akan terus melakukan penyelamatan lingkungan. Salah satu agendanya, menerapkan sistem pertanian pangan terpadu. Bagi dia, kepedulian semua pihak kepada petani, pangan dan lingkungan diharapkan mampu menyelamatkan para petani dengan sinergi semua pihak. Dengan demikian, kesejahteraan petani bisa meningkat.(sindonews)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.