|  |  | 

FPKB Daerah Suara Dapil

PKB Jateng berhasil meloloskan 13 Kadernya Ke Senayan

SEMARANG - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berhasil menempatkan 13 kadernya dari 10 dapil (daerah pemilihan) di Jawa Tengah pada pileg DPR RI tahun ini. Jumlah tersebut berarti 16,8 persen dari total 77 kursi di Jateng.

hal tersebt cukup menggembirakan, pasalnya perolehan Kursi Wakil Rakyat PKB mengalami kenaikan signifikan dibandingkan periode sebelumnya yang hanya meloloskan 10 kadernya ke parlemen pada periode 2014-2019.

Menanggapi hal itu, Ketua DPW PKB Jawa Tengah KH M Yusuf Chudlori menyatakan kegembiraan dan rasa syukur. “Saya mengapresiasi kerja pengurus dan seluruh caleg. Hasilnya siginifikan,” kata Gus Yusuf, panggilan akrabnya.

Perolehan suara ini, lanjut Gus Yusuf juga berkat dukungan warga Jawa Tengah, para kyai dan warga NU yang masif. “Sangat terasa dukungan NU kepada PKB, baik itu struktural maupun kultural. Juga para aktivis perempuan NU yang bergerak sampai ke tingkat TPS. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Jawa Tengah yang telah memilih PKB, juga kepada warga NU,” tegasnya.

10 dapil di Jawa Tengah untuk memenuhi kuota 77 kursi DPR. Diantaranya Dapil Jawa Tengah I (Kab. Semarang, Kendal, Kota Salatiga, Kota Semarang), Jawa Tengah II (
Kab. Kudus, Jepara, Demak), Jawa Tengah III (Kab. Grobogan, Blora, Rembang, Pati), Jawa Tengah IV (Kab. Sragen, Karanganyar, Wonogiri), dan Jawa Tengah V (Klaten, Sukoharjo, Boyolali, Kota Surakarta).

Kemudian Jawa Tengah VI (Kab. Purworejo, Wonosobo, Magelang, Temanggung, Kota Magelang), Jawa Tengah VII (Kab. Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen), Jawa Tengah VIII (Kab. Cilacap, Banyumas), Jawa Tengah IX (Kab. Tegal, Brebes, Kota Tegal), Jawa Tengah X (Kab. Pekalongan, Pemalang, Batang, Kota Pekalongan).

Berikut ini nama-nama caleg terpilih PKB di DPR RI:

  1. Alamuddin Dimyati Rois (Jawa Tengah I)
  2. Drs Fathan (Jawa Tengah II)
  3. Marwan Jafar (Jawa Tengah III)
  4. Luluk Nur Hamdiah (Jawa Tengah IV)
  5. Drs H Muhammad Toha Msi (Jawa Tengah V)
  6. Luqman Hakim SAg (Jawa Tengah VI)
  7. H Abdul Kadir Karding MSi (Jawa Tengah VI)
  8. Drs H Taufiq R Abdullah (Jawa Tengah VII)
  9. Siti Mukaromah SAg MAP (Jawa Tengah VIII)
  10. H Bachrudin Nasori SSi MM (Jawa Tengah IX)
  11. H Nur Nadlifah SAg MM (Jawa Tengah IX)
  12. H Yaqut Cholil Qoumas (Jawa Tengah X)
  13. Drs H Bisri Romly MM (Jawa Tengah X)

Terlihat bahwa PKB meloloskan masing-masing dua caleg di Jawa Tengah VI (Kab. Sragen, Karanganyar, Wonogiri), Jawa Tengah IX (Kab. Tegal, Brebes, Kota Tegal), dan Jawa Tengah X (Kab. Pekalongan, Pemalang, Batang, Kota Pekalongan).

Beberapa merupakan caleg incumbent di parlemen, lainnya merupakan pendatang baru.

Gus Yusuf juga menyoroti gairah kaum muda milenial yang turut menyukseskan PKB.

“Saya melihat milenial di perkotaan dan beberapa daerah, menggelar kegiatan kegiatan ala pemuda di lingkungannya. Tak heran di semua Kota di Jateng, PKB bertambah jumlah kursinya. Seperti di Salatiga, Kota Tegal, dan Kota Pekalongan. Sayang, Kota Solo belum pecah telur. Salut untuk milenial yang tidak lagi buta politik,” tandasnya.[]

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur