|  | 

Berita Nasional

PKB Ganti Susunan Kepengurusan DPP dan Fraksi

Jakarta-DPP PKB melakukan sejumlah pergantian susunan kepengurusan, baik di tingkat DPP maupun pada fraksi mereka di DPR pasca pemerintah RI berpindah tampuk kepemimpinan ke Presiden Jokowi.

Salah satu yang digeser adalah kursi Ketua Fraksi PKB di DPR, dari Marwan Jafar kepada Helmy Faishal. Pergantian dilakukan, karena Marwan masuk dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

"Ketua Fraksi di DPR itu Pak Helmy Faisal. Sedangkan Hanif Dhakiri, karena saat ini jadi Menteri Tenaga Kerja, maka posisi Sekjen DPP PKB diganti oleh Abdul Kadir Karding, dan Sekretaris Fraksi di DPR kini dijabat oleh Jaziul Fawaid," kata Marwan di Kalibata, Jakarta, Kamis (30/10).

Marwan menjelaskan, pergantian tersebut diputuskan DPP PKB setelah semalam melaksanakan rapat internal. Dan pergantian itu pun katanya tidak dilakukan secara sepihak oleh Ketua Umum (Ketum) DPP PKB, Muhaimin Iskandar, melainkan musyawarah.

"Baru semalam kita putuskan (pergantian sejumlah nama pada beberapa jabatan). Itu bukan ditunjuk oleh Ketum Muhaimin Iskandar, tapi kita rapat bareng-bareng. Jadi bukan melalui pemilihan, tapi rapat," kata pria yang juga merupakan Anggota Komisi V DPR periode 2009-2014 ini.

Ketika ditanyai apakah pergantian nama-nama pada sejumlah jabatan itu sudah ada surat keputusan (SK)-nya dari pihak Kemenkum HAM, Marwan mengatakan belum ada karena mereka memang baru mengganti beberapa nama itu semalam. Tinggal dilaporkan ke Kemenkum HAM.

"Nanti kita akan mengirimkan surat pada Kemenkum HAM lagi untuk mengganti Sekjen dan seterusnya itu. Kalau untuk SK Sekjen kan melalui Kemenkum HAM. Kalau di fraksi kan hanya surat dari DPP. Tapi surat fraksi kan menunggu SK dari Kemenkum HAM keluar," kata dia

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.