|  | 

Suara Dapil

Dapat Limpahan PKNU, PKB Rajai Bondowoso

Bondowoso-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi pemenang pemilu legislatif (pileg) di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Hasil rekapitulasi suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso menyatakan PKB memperoleh 12 kursi di DPRD.

Delapan kursi diraih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Golkar. Sedangkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) serta Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing mendapat lima kursi.

Sedangkan Partai Demokrat mendapat tiga kursi dan Partai Amanat Nasional satu kursi. "Sisanya diraih dua partai yang sebelumnya tidak meraih kursi, yaitu Gerindra dan Partai Nasdem, masing-masing tiga kursi," ujar Ketua KPU Bondowoso Hadi Ismanto, Selasa, 22 April 2014.

Pengamat politik dari FISIP Universitas Jember, Sutomo, mengatakan perolehan kursi PKB terjadi karena politikus dan konstituen PKNU ramai-ramai pindah haluan menjadi pengurus dan pendukung PKB.

Pada pemilu legislatif 2009, PKNU mendapat 12 kursi, PKB enam kursi. PDIP, PPP dan PKS masing-masing mendapatkan lima kursi. Partai Golkar mendapatkan empat kursi dan Partai Demokrat mendapatkan tiga kursi. Sisanya, PAN, Hanura, PKPB, PPRN, dan Barnas masing-masing mendapatkan satu kursi.

Hingga kini KPU Bondowoso masih belum menetapkan siapa yang akan duduk di kursi DPRD. Sesuai dengan jadwal tahapan pemilu, kata Hadi, penetapan perolehan kursi dan calon terpilih akan dilaksanakan KPU pada 11 dan 13 Mei 2014. Penetapan calon terpilih akan diumumkan pada 16-18 Mei.(tempo.co)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.