|  | 

Berita Nasional

DPP PKB: Telah Sepakat, Koalisi dengan PDI-P Tinggal Tunggu Momentum

Jakarta-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) disebut telah memiliki kesepakatan dengan PDI Perjuangan (PDI-P) terkait kerja sama politik dalam menghadapi Pemilu Presiden 2014. Kesepakatan itu tercapai setelah ada komunikasi intensif yang dilakukan kedua partai beberapa waktu ini.

"Tinggal menunggu momentum," kata Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding saat dikonfirmasi mengenai kesepakatan tersebut, Senin (21/4/2014).

Karding menuturkan, kesepakatan antara partainya dan PDI-P relatif mudah tercapai karena ada kesamaan persepsi dalam membangun koalisi. PKB juga tak ingin terjebak dalam koalisi transaksional yang motivasinya hanya sebagai ajang bagi-bagi kekuasaan.

Meski begitu, Karding mengaku belum mengetahui waktu pasti pengumuman kesepakatan antara PKB dan PDI-P. Deklarasi akan disampaikan secara langsung oleh masing-masing ketua umum partai tersebut.

Dinamika politik nasional pasca-pelaksanaan pemilu legislatif makin dinamis. Berdasarkan hasil hitung cepat, tak ada partai yang mampu mengusung capres-cawapres sendiri. Sejauh ini, PDI-P telah menjalin komunikasi politik dengan banyak partai, di antaranya Golkar, PKB, dan Nasdem. Namun, baru Nasdem yang secara tegas siap merapat ke PDI-P dan mendukung Joko Widodo dalam Pilpres 2014.(kompas)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.