|  | 

Pojok Parlemen

Marzuki Alie: PKB Telah Memberikan Kejutan

Jakarta-Partai Demokrat dipastikan tidak akan memenangi Pemilu 2014. Partai pemenang Pemilu 2009 ini diprediksi bakal menempati urutan ketiga atau keempat. Berdasarkan hasil hitung cepat Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Demokrat mendapat suara 10 persen di urutan ketiga.

"Ya, memang prediksi orang antara 3-4 lah ya," ujar Wakil Ketua Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat kepada Rakyat Merdeka Online (Rabu, 9/4).

Menurutnya, dari hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei ini, PKB telah memberikan kejutan. Suara PKB yang naik signifikan , 8,93 persen karena partai itu solid.

"Saya sudah bilang ke Cak Imin (panggilan Ketum PKB Muhaimin Iskandar). Begitu PKB tidak pecah, hitung-hitungan saya akan naik," jelasnya.

Dia menjelaskan, suara PKB pada Pemilu 1999 sebesar 12,6 persen. Namun turun pada Pemilu 2004 dan Pemilu 2009 karena partai kaum nahdliyyin itu pecah. Misalnya, selain sempat ada dua PKB, yaitu versi Gus Dur dan Muhaimin, juga ada Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

"Sekarang tidak pecah, bersatu. Memang (suaranya) tidak sebaik pada masa Gus Dur (tahun 1999). Tapi sudah mendekati," demikian Ketua DPR RI ini.(RMOL)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur