|  | 

Berita Nasional

PKB Jadi Salah Satu Pelarian Massa PKS

Jakarta-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) cukup mendapat dukungan publik di pemilihan legislatif Pemilu 2014 ini. PKB diprediksi menempati urutan keempat sebagai pemenang mengungguli Partai Demokrat yang kini berkuasa.

Wakil Direktur Jaringan Suara Indonesia (JSI) Fajar S. Tamin mengungkapkan, dukungan kepada partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu disebabkan beberapa faktor.

"Salah satu yang menyebabkan PKB naik karena adanya kejatuhan suara dari pemilih PKS (Partai Keadilan Sejahtera)," kata Fajar di kantornya, Jalan Warung Jati Timur, Kalibata, Jakarta, Rabu (9/4).

Menurutnya, selain mengalir ke PKB, massa PKS juga menaruh dukungannya ke partai Islam lain seperti Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Keberpihakan masyarakat terhadap PKB juga tidak didasarkan atas bakal capres yang akan diusung kontestan pemilu. Mengingat, hingga kini PKB belum menentukan bakal capresnya.

"Publik sudah bisa membedakan antara pilihan parpol atau calon presidennya. Kecil sekali kemungkinan capres-capres mendongkrak partainya," jelas Fajar.

Selain itu, tingginya dukungan yang diterima PKB lantaran konflik kepengurusan dengan keluarga mantan Presiden Abdurrahman Wahid dianggap sudah reda di mata masyarakat.

"Konsolidasi antara konflik Muhaimin dan Gus Dur sudah mulai tidak dibicarakan lagi," demikian Fajar.(RMOL)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.