|  | 

Berita Nasional

Lulusan SMK Justru Banyak Menganggur, Arzetti Tawarkan Solusi ini


SIDOARJO – Anggota DPR RI Fraksi PKB, Arzetti Bilbila, mengaku prihatin terhadap tingginya tingginya angka pengangguran dari lulusan SMK.
Sebagai Anggota Komisi X DPR RI yang berkecimpung di bidang pendidikan dan ekonomi kreatif, Arzeti kecewa, karena seharusnya lulusan SMK diharapkan paling maksimal menyerap lapangan pekerjaan yang ada.
Hal ini dismpaikan Arzetti saat melaksanakan agenda Reses IV tahun 2017 di Sidoarjo, Jawa Timur. Ia memamparkan dari  rekapitulasi dapodik (data pokok pendidikan nasional-red) 2017, jumlah siswa SMK sebanyak 4,63 juta siswa, jika dibagi per-angkatan maka tiap tahunnya rata2 1,5 siswa lulusan SMK.
“Ini kan sangat potensial menjadi angkatan kerja yang handal dan  produktif.
Namun rilnya menurut BPS  tingkat pengangguran terbuka  di Indonesia pada Februari 2017 yaitu 5,33%  atau sebanyak 7,01 juta orang dipastikan pengangguran dari 131,55 juta orang. Yang  memprihatinkan ternyata tertinggi sebesar 9,27% pengangguran terbuka itu  latar SMK,” terang Arzetti, sabtu, 13/05.
Legislator yang juga pernah aktif di dunia modeling ini berpendapat harus segera dicarikan solusi dari problem ini. Ia menegaskan harus ada sinkronisasi antara lulusan SMK dengan dunia kerja. Lulusan SMK harus dunia kerja artinya  peserta didik diberikan modal keilmuan  dan keterampil yang disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja dan industri yang berkembang saat ini.
Selain itu, SMK harus dicetak menjadi pengusaha, dan wirausaha baru, kalau lowongan pekerjaan itu terbatas maka disinilah peran lulusan SMK berperan  menjadi enterprener baru yang menciptakan peluang baru.
“Jika kita tidak segera mencari jalan keluar bisa jadi karena kita  gagal membentuk lulusan SMK berkualitas,” tandasnya.


Dalam kunjungan ini, Azetti juga memberikan bantuan sarpas dari Kemendikbud ke beberapa SMK yang dikunjunginya. Saat melakukan kunjungan, Arzetti selalu nampak hangat dan supel bergaul dengan para siswa dan siswi.

Related Articles

  • Hi. Latifah Shohib Terima Kunjungan Mendikbud di Ponpes Denanyar

    Hi. Latifah Shohib Terima Kunjungan Mendikbud di Ponpes Denanyar

      JOMBANG – Anggota Komisi X FPKB DPR RI Hj. Lathifah Shohib sambut baik kunjungan Mendikbud Muhajir Effendy di Pondok Pesantren (PP) Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang, Rabu 27/6. “Kami tentu bangga kedatangan pak Menteri, semoga silaturahim ini membawa berkah bagi perkembangan Pondok Pesantren, khususnya Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang, ” ungkap Hj Lathifah Shohib yang juga

  • PKB kembali melaksanakan Mudik Bareng 2017

    PKB kembali melaksanakan Mudik Bareng 2017

    JAKARTA – Menjelang Idul Fitri tahun 2017 ini, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kembali mengadakan Mudik Bareng PKB 2017. Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, H. Syaifullah Maksum menuturkan, mudik ini merupakan agenda rutin PKB yang sudah dilaksanakan 8 kali. “PKB melaksanakan mudik bersama bukan hanya saat ini karena mau pilkada, namun, sudah dari 2009 yang

  • Maman: Khazanah Pesantren Menjadi Benteng Indonesia dari Paham Ekstrimis

    Maman: Khazanah Pesantren Menjadi Benteng Indonesia dari Paham Ekstrimis

    MAJALENGKA – Khazanah keilmuan pesantren telah terbukti menjadi benteng terkokoh dalam menjaga NKRI dari pemahaman keagamaan yang eksklusif dan ekstremis. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), KH. Maman Imanulhaq didepan ratusan kiai dan santri dari Karawang, Purwakarta, Subang, Sumedang dan Majalengka, saat pidato acara Musabaqoh Kitab Kuning (MKK) yang diselenggarakan

  • Peduli Warga Miskin, PKB Gelar Pasar Murah di Demak

    Peduli Warga Miskin, PKB Gelar Pasar Murah di Demak

      DEMAK – Antusias masyarakat begitu luar biasa atas acara pasar murah yang diselenggarakan oleh PKB tak terkecuali di Demak. tidak kurang 1000 paket sembako yang disediakan panitia habis dalam waktu kurang dari 2 jam. Wakil Sekjend DPP PKB Drs H Fathan Subchi mengatakan harga kebutuhan bahan pokok menjelang lebaran mengalami peningkatan, oleh sebab itu

  • Belum Ada Kesepakatan, Pansus RUU Pemilu Tunda Rapat Hari Senin Mendatang

    Belum Ada Kesepakatan, Pansus RUU Pemilu Tunda Rapat Hari Senin Mendatang

    JAKARTA – Panitia khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) dan Pemerintah kembali menunda Rapat Pengambilan Keputusan RUU tersebut hingga hari Senin 19/6. Ketua Pansus Pemilu, Lukman Edy mengatakan, Rapat tersebut dengan agenda pengambilan keputusan tingkat I. “Kita sepakat hari Senin kita lanjutkan rapat ini untuk pengambilan keputusan tingkat I pukul 14.00 WIB,” terang

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur