|  | 

Suara Dapil

PKB Gelar Fit And Proper Test Calon Kepala Daerah di Jawa Timur

IMG_5494

Jawa Timur- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar fit and proper test calon kepala daerah di Kantor DPW PKB Jawa Timur, Sabtu (13/6). Sebanyak 51 orang bakal calon kepala daerah baik sebagai bupati/wakil bupati maupun wali kota/wakil wali kota bersaing untuk diusung di pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada Desember 2015 mendatang. Kegiatan yang di gelar sehari penuh ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB Abdul Kadir Karding didampingi Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar.

Halim mengatakan uji kelayakan dan kepatutan para calon tersebut dengan cara wawancara dengan panelis. Panelis, lanjutnya didatangkan langsung dari pengurus pusat partai yang didirikan oleh KH. Abdurahman Wahid atau Gus Dur.

"Para panelis itu akan memberikan nilai, bukan memutuskan. Nanti hasilnya akan dibawa ke Rapim (rapat pimpinan) tingkat pusat untuk dibahas dan diputuskan cabub dan cawabub yang sesuai dengan kriteria, tentunya memenuhi sejumlah persyaratan yang ditentukan," kata Halim yang juga Ketua DPRD Jawa Timur ini di Kantor DPW PKB Jawa Timur, Surabaya.

DPW PKB Jawa Timur sendiri akan mendalami petahana tiap daerah sekaligus mendalami visi misi kepala calon daerah yang akan maju. Untuk sementara klasifikasi bagi incumbent yang mampu meningkatkan potensi daerah menjadi prioritas. "Misalnya Banyuwangi, Tuban, Pasuruan dan Sidoarjo yang sukses mengelola daerah," imbuh Halim yang juga kakak kandung dari Ketua Umum DPP PKB, A. Muhaimin Iskandar.

Sementara Ketua Fraksi PKB DPR RI yang bertindak sebagai salah satu panelis menjelaskan PKB mengharapkan Calon Kepala Daerah yang diusung mampu mengelola APBD untuk rakyat. Mempunyai program nyata untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan potensi daerah masing-masing.

“Puluhan peserta itu ada yang dari incumbent, mantan bupati dan wakil bupati, wakil rakyat, birokrasi dan bahkan ada calon bupati perempuan. Dicari calon yang ikut uji kelayakan hari ini sesuai dengan visi misi partai," kata Helmy yang juga Ketua DPP PKB ini.

Helmy mengatakan peta dari 19 calon kepala daerah yang ikut serta uji kelayakan, ada sekitar 11 persen yang murni dari internal. Selebihnya, lanjutnya koalisi dengan partai lain. "Dari 19 kabupaten/kota tetap memprioritaskan kader partai PKB, kita berharap calon kepala daerah memiliki komitmen terhadap NU," tegasnya.

Ditempat yang sama, dr. Haryanti Sutrisno salah satu calon kepala daerah Kabupaten Kediri mengatakan optimis Pilkada mendatang diusung oleh PKB. "Saya sendiri sangat optimis bisa diterima PKB karena kita sendiri sudah melakukan survei," ujar Haryanti.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.