|  | 

Berita Nasional

Multazam: Bulog Wajib Stabilkan Harga Saat Panen Raya

JAKARTA -Wakil Ketua Komisi IV, Ibnu Multazam meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) tidak hanya mengadakan operasi pasar ketika harga beras di pasaran naik. Menurutnya Bulog perlu mengadakan operasi pasar ketika harga gabah mengalami penurunan pasca panen.

"Bulog perlu mengadakan operasi pasar ketika harga gabah kering panen mengalami penurunan terutama pasa saat musim panen raya. Hal itu untuk menyelamatkan petani karena dengan operasi pasar harga sesuai dengan HPP (harga pokok pembelian) yang telah ditetapkan," kata Ibnu saat RDP Komisi IV bersama jajaran direksi Bulog di Gedung DPR, Jakarta, Senin (06/04).

Ibnu mengatakan saat panen raya tiba, harga gabah kering ditingkat petani hanya Rp 3200 sampai Rp 3400 per kilogramnya. Padahal Bulog sesuai dengan HPP telah menetapkan harga gabah Rp 3700 per kilogram.

"Stabilitas harga ditingkat petani juga perlu diselamatkan. Apalagi Ibu Dirut sudah membentuk satgas, nyatanya tidak turun ke petani seperti di Ponorogo, Ngawi dan daerah lain," tutur Politisi PKB ini.

Ia meminta keseriusan Bulog dalam mengatasi permasalahan kebutuhan bahan pokok terutama beras mulai dari masa tanam hingga masa panen. Sehingga petani akan mengetahui harga pasti yang dijamin pemerintah. "Kami meminta Bulog benar-benar hadir, turun ke petani sebagai wakil pemerintah," tegasnya.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.