|  | 

Berita Nasional

Tangkal Paham ISIS Lewat Gerakan Pramuka

maman pkb

KH Maman Imanulhaq, Anggota DPR RI Komisi VIII

Majalengka- Ideologi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang merambah masuk ke Indonesia dan menjangkiti sebagian generasi muda harus terus ditangkal. Salah satunya lewat gerakan Pramuka yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme.
 
Demikian hal itu diungkapkan KH. Maman Imanulhaq, Anggota DPR RI pada acara pelantikan Satuan Komunitas (Sakom) Pramuka Ma’arif NU Kabupaten Majalengka pada Sabtu (4/4) di Pondok Pesantren Al-Mizan. Politisi PKB ini menyebut bahwa tantangan besar saat ini terkait ideologi atau pemahaman adalah ideologi transnasional termasuk ISIS yang berpotensi menggerus ideologi Negara kita.
 
“Pemahaman keagamaan yang sempit, radikal dan intoleran harus kita tangkal lewat penanaman nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme di kalangan pelajar NU lewat gerakan Pramuka dan eksistensi Ma’arif NU”, kata Maman.
 
Semetara itu, Drs. H. Damahuri, M.Ag, Ketua Sakom Pramuka Ma’arif NU Majalengka bertekad akan terus memperkuat basis-basis sekolah NU di wilayahnya melalui organisasi Ma’arif NU yang dipimpinnya.
“Di kalangan pelajar Nahdiyyin, kita akan perkuat Islam Ahlussuah Waljamaah yang Rahmatan Lilalamin, yakni Islam yang ramah, toleran dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan bukan Islam keras yang sukanya marah-marah”, tegasnya.
 
Perwakilan Pengurus Satuan Komuitas (Sakom) Wilayah Provinsi Jawa Barat, Tata Setiawan, S.Pd, menargetkan 3 (tiga) program prioritas ke depan, yakni pembentukan Sakom Pramuka Ma’arif NU di 26 Kabupaten di Jabar, Penguatan Kualitas Pembina Pramuka di lingkungan Ma’arif NU dan Perkemahan Akbar Pramuka Ma’arif NU Jawa Barat.
 
“Sekarang baru terbentuk 9 Sakom, kabupaten lain segera kita bentuk karena tahun ini kita targetkan mengadakan perkemahan akbar Pramuka Ma’arif NU yang diikuti oleh seluruh kabupaten di Jawa Barat”, ungkap Tata.
 
Pada kesempatan itu, jajaran pengurus Sakom Pramuka Ma’arif NU Majalengka dilantik langsung oleh Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Majalengka, Drs. H. Sanwasi, MM, yang saat ini mejabat sebagai Asisten Daerah (Asda) III Pemeritah Daerah Kab. Majalengka

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.