|  | 

Berita Nasional

PKB Siap Jadi Garda Depan Bela Kaum Minoritas

Jakarta-Komunitas Lesbian, Gay, Bisexual dan Transgender (LGBT) yang tergabung dalam organisasi Arus Pelangi menyampaikan aspirasinya ke Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa DPR RI. Mereka mengeluhkan masih maraknya tindakan diskriminatif dan aksi kekerasan oleh sebagian anak bangsa.

“Kedatangan LGBT ke PKB adalah langkah yang tepat, PKB adalah bagian dari Negara yang harus hadir menjaga dan memberikan rasa aman kepada seluruh warganya,” ungkap anggota FPKB DPR RI, KH Maman Imanul Haq dalam sesi Audiensi di ruang rapat FPKB DPR RI, Rabu (18/11/2014).

Partai Kebangkitan Bangsa, tegas Kang Maman, akan tetap menjadi garda terdepan melakukan pembelaan terhadap kaum minoritas. Salah satu upaya meminimalisasi tindak kekerasan tersebut, PKB akan menginventarisir akar kekerasan, khususnya yang menimpa LGBT.

“PKB akan mendorong tidak adanya perlakuan diskriminasi kepada mereka dan kita akan ikut mempromosikan potensi serta nilai positif yang dilakukan LGBT seperti industry kreatif,” katanya.

Kendati demikian, Kang Maman menggaris bawahi bahwa PKB tetap tidak menemukan ruang dalam referensi keagamaan terkait status LGBT.

“Perjuangan PKB untuk mereka adalah pada hak warga Negara yang secara konstitusi harus dilindungi hak asasinya, bukan pada persoalan status LGBT karena PKB tidak temukan ruang dalam referensi agama terkait itu,” papar Kang Maman.
Kedepan, PKB akan melakukan dialog dengan para kiai dan kalangan pesantren tentang langkah konstruktif bagaimana persoalan LGBT bukan hanya beroreintasi pada persoalan seks namun lebih pada hak untuk hidup dan dilindungi oleh Negara.

Kehadiran Komunitas LGBT di FPKB DPR RI selain mengadukan masih adanya tindak kekerasan yang dialami juga menyampaikan keluhan terhadap kenaikan harga BBM.

“Mereka juga bagian yang terkena imbas dari kenaikan BBM, hanya pada prinsipnya mereka menerima namun menuntut adanya kesamaan mendapatkan hak dari subsidi BBM yang diterapkan pemerintah,” tandasnya.

Selain Kang Maman, hadir pula dalam acara tersebut anggota DPR dari FPKB dari Dapil Jatim III (Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo) Nihayatul Wafiroh yang sebelum menjadi anggota DPR periode 2014-2019 memang sudah aktif di dunia LSM yang memperjuangkan hak-hak kaum minoritas.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.