|  | 

Pojok Parlemen

PKB: Belum Ada Komitmen Koalisi Parpol Berbasis Massa Islam

Jakarta-Mayoritas masyarakat masih berkeyakinan partai berbasis massa Islam mampu berkompetisi dalam Pemilu 2014. Namun, apakah partai-partai berbasis massa Islam tersebut akan menggalang kekuatan dalam wujud koalisi?

“Saya pesimistis terjadi koalisi partai Islam,” kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar di DPP PKB, Jalan Raden Saleh No 9 Jakarta, Senin (7/4/2014). Dia mengatakan sudah ada pertemuan di antara partai-partai berbasis massa Islam, tetapi belum ada pembicaraan khusus soal koalisi untuk menggabungkan kekuatan basis massa itu.

“Belum ada satu partai pun yang berkomitmen soal (koalisi) itu,” kata Muhaimin. Kondisi yang sama, ujar dia, juga terjadi terkait pengusungan bakal calon presiden. Karenanya, kata dia, PKB masih membuka komunikasi dengan semua partai politik peserta Pemilu 2014.
Capres PKB

Keputusan soal bakal calon presiden yang akan mendapat dukungan PKB, ujar Muhaimin, baru akan diputuskan setelah pemilu legislatif. Dia menyebutkan ada tiga pertimbangan dalam penentuan bakal capres PKB.

Pertimbangan pertama, sebut Muhaimin, adalah elektabilitas mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dan raja dangdut Rhoma Irama. Tingkat keterpilihan kedua tokoh tersebut, ujar dia, akan dibandingkan dengan tokoh lain.

Kedua, lanjut Muhaimin, PKB tentu saja harus melihat hasil pemilu legislatif. Bila PKB tak dapat meraih sekurangnya 20 persen kursi DPR, kata dia, partai ini akan membangun komunikasi dengan partai lain. “Cocok-cocokan (calon), lalu terbangun koalisi.”

Ketiga, bakal calon presiden dari PKB akan ditentukan oleh musyawarah alim ulama yang akan melibatkan Nahdlatul Ulama dan ulama-ulama lainnya. Muhaimin mengatakan bila PKB memenangi pemilu, maka partainya ini siap memimpin Indonesia. Bila yang terjadi adalah sebaliknya, kata dia, maka PKB siap mendukung siapa pun pemenang pemilu.

Survei parpol Islam

Sebelumnya, survei Political Communication Institute (Polcomm Institute) mendapatkan bahwa 47,4 persen responden yakin partai politik berbasis massa Islam akan mampu bersaing dalam Pemilu 2014. Berdasarkan survei yang dirilis pada Minggu (23/2/2014) tersebut, hanya 19,2 persen responden yang mengatakan sebaliknya dan 33,4 persen mengatakan tidak tahu.

Dalam Pemilu 2014, ada lima partai politik di tingkat nasional yang memiliki basis massa Islam, baik karena asas maupun sejarah pendirian partai. Kelima partai itu adalah Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Bulan Bintang. Dalam Pemilu 2014, selain 12 partai politik di tingkat nasional, ada tiga partai politik Aceh yang menjadi peserta pemilu di Nanggroe Aceh Darussalam saja.(kompas.com)

Related Articles

  • PKB kembali melaksanakan Mudik Bareng 2017

    PKB kembali melaksanakan Mudik Bareng 2017

    JAKARTA – Menjelang Idul Fitri tahun 2017 ini, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kembali mengadakan Mudik Bareng PKB 2017. Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, H. Syaifullah Maksum menuturkan, mudik ini merupakan agenda rutin PKB yang sudah dilaksanakan 8 kali. “PKB melaksanakan mudik bersama bukan hanya saat ini karena mau pilkada, namun, sudah dari 2009 yang

  • Buka Bersama Wartawan, Fraksi PKB: Media Sebagai Penyambung Lidah FPKB Kepada Masyarakat

    Buka Bersama Wartawan, Fraksi PKB: Media Sebagai Penyambung Lidah FPKB Kepada Masyarakat

    JAKARTA – Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengadakan buka Puasa bersama media parlemen di Aula Masjid DPR RI, senin, 12/6. Fraksi PKB yang diwakili oleh sekretaris Fraksi, H. Cucun Ahmad Syamsurijal, menyampaikan terimakasihnya kepada media parlemen yang senantiasa membantu mempublikasikan kegiatan Fraksi PKB. “Kami mengucapkan terimakasih kepada sahabat media parlemen. Media bisa menjadi penyambung lidah

  • Launching PKB Movie Award 2017, Cak Imin Bikin Vlog Pertamanya

    Launching PKB Movie Award 2017, Cak Imin Bikin Vlog Pertamanya

    JAKARTA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) membuat Video Blog (Vlog) pertamanya.  Vlog ini dibuatnya dalam Launching Festival Film Pendek PKB Movie Award 2017 sebagai tanda dibukanya acara yang diselenggarakan oleh Fraksi PKB DPR RI, Kamis, 1/6.   Dalam vlog tersebut, Cak Imin menyapa beberpa orang yang hadir seperti,

  • Ketua FPKB: PKB Movie Award 2017 Untuk Tanamkan Ideologi Pancasila

    Ketua FPKB: PKB Movie Award 2017 Untuk Tanamkan Ideologi Pancasila

    JAKARTA – Fraksi PKB menggelar kembali Festival Film Pendek bertajuk PKB Movie Award 2017. Setelah sukses dengan gelaran event yang sama bertajuk AMI Movie Award di tahun lalu, kali ini mengambil tema Pancasila Rumah Kita. “Ini adalah momen dimana sebenarnya satu tahun lalu kami melakukan acara yang sama yaitu AMI Movie Award,” ucap Ketua Fraksi

  • Nia Dinata Ajak Sineas Muda Ikuti PKB Movie Award 2017

    Nia Dinata Ajak Sineas Muda Ikuti PKB Movie Award 2017

    JAKARTA –  Sutradara kenamaan Nia Dinata mengapresiasi gelaran Festival Film Pendek PKB Movie Award 2017 yang diadakan oleh Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB). Ditemui seusai diskusi Gerakan Membumikan Pancasila di Graha Gus Dur, Kantor DPP PKB, Rabu 31/5, Nia bersyukur saat ini sudah banyak yang menggunakan media film untuk menyadarkan masyarakat. “Senang sekali ya ketika

  • Hari Murti

    Sebaiknya PKB jangan berkoalisi dengan PDIP, mayoritas pemilih PKB di daerah saya tidak menyuakai akan hal itu.

    • rouf qusyairi

      terimakasih atas masukannya..salam

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur