|  | 

Suara Dapil

PKB Di Sulteng Berpotensi Raih Tujuh Fraksi

PALU-Partai Kebangkitan Bangsa di Sulawesi Tengah berpotensi meraih tujuh fraksi di DPRD kabupaten dan kota pada Pemilu 2014

Potensi ini sangat besar berdasarkan grafik respon masyarakat terhadap PKB di tujuh kabupaten, kata Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW PKB) Sulawesi Tengah Zainal Daud di Palu, Senin.

Dia mengatakan potensi dasar kekuatan PKB sudah ada di sejumlah kabupaten dari Pemilu 2009 sebelumnya.

Zainal mengatakan potensi itu terus dijaga dan ditingkatkan sehingga PKB ke depan diprediksi mendapat perolehan suara yang naik tajam.

Indikator lainnya juga didukung oleh kualitas dan popularitas calon anggota DPRD yang diusung PKB, katanya.

Tujuh daerah yang berpotensi tersebut, kata Zainal, adalah Tolitoli, Parigi Moutong, Buol, Sigi, Morowali, Tojo Unauna dan Poso.

Sementara itu hasil Pemilu 2009 untuk PKB adalah Kabupaten Parigi Moutong dua kursi, Tojo Unauna dua kursi, Buol dua kursi, Tolitoli satu kursi.

"Di Sigi sebagai kabupaten baru, kami yakin bisa dapat satu fraksi karena manajemen partai dan kinerja calon legislatif cukup menggembirakan. Andaikan Pemilu bulan depan, kita sudah bisa dapat satu fraksi," katanya.

Zainal mengatakan untuk meraih satu fraksi di DPRD kabupaten dan kota tidak terlalu sulit karena jumlah kursi dalam satu fraksi hanya berkisar tiga, empat dan lima kursi karena jumlah anggota DPRD paling banyak 30 kursi.

Dia mengatakan seluruh calon legislatif dan struktur partai sudah bekerja baik dan terus dievaluasi setiap bulannya.

Menurut Zainal, kondisi PKB secara nasional yang semakin kondusif dari konflik internal juga berdampak baik sampai ke daerah.

"Saat konflik internal masih menggoyang kami masih bisa bertahan. Sekarang konflik di PKB tidak ada lagi," katanya.

Dia mengatakan bangkitnya PKB juga diperkuat dengan bergabungnya kiyai-kiyai NU yang sebelumnya cuek dengan PKB. (antarasulteng.com)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.