|  | 

Pojok Parlemen

PKB Gelar Bimtek Penyelesaian Perselisihan Hasil Pemilu

Bogor-Dewan Pengurus Pusat PKB menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilu Legislatif 2014 selama tiga hari di Cisarua, Bogor pada 19-22 November 2013. Langkah ini sebagai antisipasi banyaknya kasus pengaduan hasil pesta demokrasi lima tahunan.

“Kegiatan ini sangat baik karena semua ini sangat perlu diketahui dan dipelajari dengan baik guna menciptakan pemilu yang bersih, jujur dan adil agar semuanya dapat benar-benar menjadi kontrol pemilu mendatang,” ungkap Ketua Lembaga Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Lakumham) DPP PKB Anwar Rahman SH, MH, Selasa (19/11/2013).

Dukungan untuk PKB yang berkomitmen menegakkan hukum di tengah pelaksanaan Pemilu ditunjukkan dengan kedatangan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva yang didampingi oleh Sekjen MK, Janedjri M Gaffar.

Mereka memotivasi seluruh pengurus DPP PKB, anggota Lakumham, serta pengurus DPW se-Indonesia agar bekerja sungguh-sungguh dalam payung hukum. Bahkan Anwar menilai, materi yang diberikan oleh para hakim konstitusi dalam acara tersebut sangat berbobot dan dapat disetarakan dengan perkuliahan Strata 3.

Hamdan Zoelva secara khusus menekankan, tugas dan wewenang MK terkait dengan konstitusi dalam hal ini salah satunya membatalkan Undang-Undang. Sekaligus memiliki fungsi sebagai kontrol dan dapat memutuskan apakah pemilu itu dapat diulang atau bahkan dibatalkan, apabila memang terbukti terdapat pelanggaran terkait dengan prinsip – prinsip pemilu.

Berkaca pada pengalaman, Hamdan berharap partai peserta pemilu dapat berlaku dewasa dengan tidak lagi melakukan hal yang memicu sengketa pemilu. “Kemenangan dan kekuasaan bukanlah tujuan akhir namun menciptakan bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan bermartabat adalah hal yang utama,” papar Hamdan.

Nampak hadir pula mendengarkan paparan para hakim konstitusi, antara lain Wasekjen DPP PKB Abdul Malik Haramain, Ketua DPP PKB Ida Fauziyah, Wasekjen DPP PKB H. Yusuf Mujenih, serta Ketua LPP DPP PKB Saifullah Ma'sum.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.