|  | 

Berita Nasional

DJ: Bukan Hanya Meningkat, Tapi Banyak “Pecah Telor”

JAKARTA - Ketua DPP PKB Daniel Johan menyindir balik pernyataan AHY dengan mengatakan partainya sukses di Pemilu 2024 karena mengalami kenaikan jumlah kursi di DPR.

"Yang pasti PKB justru meningkat tinggi perolehan kursinya," kata Daniel kepada CNNIndonesia.com, Senin

Tak hanya PKB, Daniel menyebut partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan juga mengalami kesuksesan di Pemilu 2024. Ia mengklaim PKS, dan NasDem juga mengalami peningkatan perolehan kursi di DPR.

"Bukan hanya PKB tapi kursi di seluruh partai koalisi kami, koalisi perubahan meningkat, bahkan PKB banyak yang pecah telur di berbagai tingkatan," jelas dia.

Sebelumnya, pernyataan AHY yang menyindir Koalisi Perubahan disampaikan saat acara buka bersama Partai Demokrat, pada Sabtu (23/3).

AHY membayangkan partainya bakal hancur lebur jika bertahan di koalisi itu. Partai-partai di koalisi itu saat ini tercerai berai meski proses pilpres belum selesai.

"Sekali lagi kita bayangkan, coba kita masih di tempat yang lama, hancur lebur. Betul? Kita tahu, belum selesai, semua sudah ke sana ke mari," kata AHY di acara buka bersama Partai Demokrat, Sabtu (23/3).

Adapun dalam Pemilu 2024 Demokrat memperoleh kursi lebih sedikit dibanding Pemilu 2019. Partai Demokrat kehilangan 10 kursi pada Pemilu kali ini. Hasil Pemilu 2019, Demokrat mendapat perolehan suara 10.876.663 dari 139.970.810 suara sah.

Jika dikonversi dengan penghitungan metode Sainte Lague, Demokrat mendapat 54 suara.

Sementara itu, pada Pemilu 2024 ini, Demokrat memperoleh 11.283.160 dari 151.796.631 total suara sah. Jika dikonversi, maka Demokrat hanya mendapat 44 kursi.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.