|  | 

Berita Nasional

Parlemen Santri Ke-2 Kembali Digelar, Ini Kata Sekretaris FPKB dan Santri

JAKARTA - Sebanyak 114 santri perwakilan dari seluruh indonesia mengikuti Parlemen Santri yang diselenggarakan oleh Fraksi PKB DPR RI.

Acara parlemen santri ini merupakan bangian dari rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Fraksi PKB ke 18. Kegiatan tersebut yaitu Lomba Video Pesan Moral Satu Menit, Pasar Rakyat, Parlemen Santri, hingga puncaknya pada Kamis, 26/10 di Gedung Nusantara 3 DPR RI, Senayan, Jakarta.

Sekretaris Fraksi PKB, H. Cucun A. Syamsurijal merasa bersyukur dapat melaksanakan parlemen santri untuk yang kedua kalinya ini.

"Kita bersyukur sekali, bisa menyelenggarakan perlemen santri yang kedua, juga mengucapkan selamat kepada para para santri," ucap Cucun saat ditemui di Gd. Kura-Kura, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 26/10/2017.

Cucun mengatakan, Para santri perwakilan dari seluruh Nusantara ini mendapatkan nasehat dari ketua Fraksi PKB, Hj. Ida Fauziyah.

Mereka mendapatkan nasehat dari bu Ida, bagaimana mempunyai keyakinan, hari ini anda adalah pemuda, tapi besok kalian menjadi pemimpin. Jadi itu yang membuat semangat para santri," terangnya.

Cucun menambahkan, mereka dikasih semangat, mereka dikasih pemahaman bagaimana hiruk pikuk atau proses terjadinya semua regulasi yang mengatur semua orang di Indonesia dikeluarkan. Merka supaya tau, imbuhnya, jadi proses bagaimana membahas Rancangan Undang-Undang itu ditingkat usulan, apa yang diusulkan oleh pemerintah atau inisiasi dari anggota DPR. Kemudian bagaimana proses di badan legislasinya, bagaimana sinkronisasinya, sampai juga mereka tau disinilah anggaran untuk mengatur indonesia itu ditentukan.

"Supaya mereka memahmi proses apa yang terjadi di negara kita. Jadi tidah hanya keseharian melihat kitab kuning saja. Semangat yang diberikan oleh ketua fraksi supaya mereka kedepan lah yang akan memenuhi menjadi anggota fraksi di gedung DPR ini sebagai wakil dari nahdliyin," jelas Wakil Rakyat Asal bandung tersebut.

Sementara itu, peserta Parlemen santri dari Mojokerto, Mustagfirin Asrof mengatakan dirinya sangat senang bisa terjun langsung merasakan menjadi Anggota DPR.

"Kita sangat senang ya kita bisa menambah wawasan keparlemenan, kita tidak hanya lihat dari tv tapi kita langsung terjun (mensimulasikan kegiatan Anggota DPR). Bisa tau kerjanya DPR itu bagaimana, rapat paripurna gimana. Dan kita tidak hanya membayangkan tapi juga merasakan," terangnya.[]

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.