|  |  |  | 

Berita Nasional Pandangan Fraksi Pojok Parlemen

SIKAP RESMI FPKB DPR RI ATAS TRAGEDI KEMANUSIAAN ROHINGYA

JAKARTA - Tragedi kemanusiaan akibat kekejaman dan kebrutalan junta militer Myanmar atas saudara-saudara kita etnis Rohingya di Myanmar menyita perhatian dunia Internasional. Bukan kali ini saja, militer Myanmar telah melakukan tindakan brutal terhadap etnis minoritas di wilayah Rakhine tersebut sejak beberapa tahun terakhir. Indonesia sebagai negara yg menganut politik bebas aktif dan menjunjung harkat dan martabat kemanusiaan sesuai Pembukaan UUD 1945 dan sila kedua Pancasila, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI menyampaikan pernyataan resmi sebagai berikut:

1. FPKB DPR RI mengutuk keras tindakan kekerasan, penindasan dan pembunuhan yang dilakukan secara sewenang-wenang oleh militer dan pemerintah Myanmar terhadap etnis Rohingya. Kekerasan kemanusiaan tersebut telah menyebabkan ribuan orang tewas, puluhan ribu orang mengungsi dan ribuan lainnya mengalami berbagai tindak kekerasan, pemerkosaan, dan lain-lain.

2. FPKB DPR RI menyerukan kepada pemerintah Myanmar dan junta militer untuk segera menghentikan praktek genosida terhadap etnis Rohingya. Jika tidak dihentikan, maka tindakan tersebut layak direkomendasikan untuk diproses sebagai kejahatan kemanusian di mahkamah international

3. FPKB DPR RI menyerukan kepada pemerintah Myanmar dan berbagai negara lain yang memiliki kepentingan ekonomi di Myanmar untuk lebih menempatkan kepentingan kemanusiaan di atas kepentingan ekonomi dan penguasaan sumberdaya alam. Hanya dengan mengedepankan harkat kemanusiaan, Myanmar dapat terhindar dari "kutukan sumberdaya alam" yang mengorbankan rakyatnya.

4. FPKB DPR RI menegaskan bahwa tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar, sebagaimana hasil kajian PP GP Ansor, merupakan pertarungan geopolitik yang melibatkan kepentingan ekonomi. Untuk itu maka kami meminta kepada masyarakat Indonesia untuk tidak terpancing ke dalam konflik agama.

5. FPKB DPR RI mendesak kepada pemerintah Indonesia, berdasarkan konstitusi, untuk mengambil tindakan yang tegas dan membangun diplomasi yang efektif untuk menghentikan kejahatan kemanusiaan tersebut, baik melalui PBB maupun ASEAN.

6. FPKB DPR RI mengecam sikap bungkam pemeluk agama mayoritas di Myanmar terhadap tindakan biadab pemerintahnya. FPKB juga mengecam pemimpin Myanmar yang juga penerima Nobel Perdamaian Aung San Sukyi yang terkesan membela aksi genosida tersebut. Untuk itu hadiah Nobel Perdamaian yang pernah diperolehnya layak untuk dicabut.

7. FPKB DPR RI mengajak semua komponen bangsa dan dunia internasional untuk memperkuat solidaritas kemanusiaan dalam rangka meringankan beban dan penderitaan saudara-saudara kita Rohingya. Diperlukan sinergi lintas-organisasi dan lintas-negara untuk melancarkan misi kemanusiaan bagi korban tragedi kemanusiaan Rohingya.

Jakarta, 2 September 2017

Dra. Hj. Ida Fauziyah, M.Si.
Ketua FPKB DPR RI

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.