|  |  | 

Agenda Reses Berita Nasional

Taufiq R Abdullah: Empat Pilar Terbukti Sebagai Penopang Keutuhan NKRI

KEBUMEN - Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Drs. H. Taufiq R. Abdullah menegaskan pentignya mengetahui dan mengamalkan empat pilar bangsa dan negara yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 45.

“Mengetahui dan memahami emat pilar ini sangat penting, karena saat ini Indonesia berada dalam ancaman dua ideologi besar dunia, ideologi kanan yang konservatif dan kiri yang liberal. Kedua ideologi tersebut, jika tidak diwaspadai dapat merobek persatuan Indonesia” tuturnya sosialisasi empat pilar bangsa dan negara di Gedung PGRI Ayah, Kebumen, Jawa Tengah, belum lama ini.

“Untuk itu, masyarakat penting sekali untuk mengetahui dan mengamalkan empat pilar bangsa yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 45,” ujarnya di depan para tokoh masyarakat dari kecamatan Ayah, Buaran, dan Rowokele, Kabupaten Kebumen tersebut.

Taufiq berharap, dengan adanya sosialisasi ini para tokoh masyarakat dapat menyebarluaskan kepada masyarakat, akan pentingnya empat pilar bangsa. Menurutnya, ke empat pilar kebangsaan tersebut, hingga kini terbukti merupakan penopang keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Maka dari itu ke empat pilar itu tidak boleh goyah, pasalnya, jika sampai terjadi tentunya akan berpengaruh kepada bangunan utama yakni bangsa Indonesia.

Taufiq menjelaskan, ideologi kanan yang konservatif beberapa telah menjelma menjadi radikal dan keras. Padahal kekerasan bukan merupakan watak bangsa Indonesia. Untuk itu, taufik berpesan pentingnya mengamalkan empat pilar ini untuk menjaga kebhinekaan di Indonesia.

“Jika dibiarkan ideologi radikalisme dapat menyebar kepada generasi muda dan merusak Indonesia akan datang, itulah pentingnya pengamalan dan penghayatan empat pilar bangsa,” tegasnya.[]

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.