|  | 

Berita Nasional

Yanuar Prihatin: Revitalisasi Pancasila Sangat Dibutuhkan

Anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPR RI, Yanuar prihatin menganggap revitalisasi Pancasila memang sangat dibutuhkan sekarang ini. Hal ini disampaikan Yanuar dalam Focus Group Discussion (FGD) tentang Pancasila dengan sejumlah pakar, cendekiawan dan guru besar di Makasar, Sulawesi Selatan, Rabu, 29/3.

“Ternyata di kalangan kampus jg punya kegelisahan dan kekhawatiran yg sama tentang masa depan Pancasila,” ungkapnya seusai diskusi tersebut.

Dia menuturkan, dari hasil diskusi ini disimpulkan bahwa Pancasila harus dihidupkan kembali dengan sekuat tenaga karena pancasila merupakan dasar yang paling dasar dari berdirinya Negara Kesatuan Indonesia.

Pancasila, lanjut Yanuar, harus benar-benar ditanamkan kembali kepada masyarakat sejak dini, sehingga pancasila tidak hanya dihafalkan saja, tapi benar-benar dipahami filosofinya.

“Banyak cara yg mereka usulkan, antara lain, hidupkan kembali TAP MPR yg berkaitan dengan Pancasila, mata pelajaran Pancasila diajarkn lg di sekolah dan kampus, tataran fungsional operasional Pancasila harus segera dirumuskan hingga revisi UU Penyiaran, dst.,” terangnya.

Namun, menurutnya, yang lebih penting adalah para pejabat negara harus lebih paham dengan Pancasila, karena merekalah yang menerapkan langsung dalam hal kebijakan negara.

“Ini menjadi PR (Pekerjaan Rumah) besar bagi kita, bagaimana masyarakat bisa paham Pancasila sementara para pejabat negara sendiri banyak yang tidak paham Pancasila," tukasnya. []

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.