|  | 

Profil Anggota

ALAMUDIN DIMYATI ROIS

Daerah Pemilihan Jawa Tengah I (Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga dan Kota Semarang)

Alamudin Dimyati Rois adalah putra dari salah satu ulama kharismatik Jawa Tengah, KH. Dimyati Rois. Tokoh muda kelahiran Kendal 26 Desember 1980 ini tidak pernah bercita-cita masuk ke dunia politik. Karena sejak kecil Alamudin dibesarkan dengan dasar agama yang akrab dengan kehidupan masyarakat religius khas Jawa Tengah. Menjadi anggota DPR RI untuk kedua kalinya, bagi Alamudin adalah jalan pengabdian yang sudah menjadi ketentuan hidup.
Alamudin menempuh jenjang perguruan tinggi dengan masuk ke Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro. Sebelum masuk ke dunia politik secara penuh, Alamudin sudah terlibat dengan PKB setelah dia menduduki posisi Wakil Ketua Garda Bangsa, sebuah badan otonom yang merupakan cabang dari PKB yang mengurusi bidang kepemudaan di Jawa Tengah.

Pada Pemilihan Umum 2009, Alamudin berhasil terpilih menjadi anggota DPR dari fraksi PKB mewakili daerah asalnya, Kendal. Latar belakang agamanya yang kental berkat lingkungan tempatnya dibesarkan membuatnya nyaman saat dia ditempatkan sebagai anggota dari Komisi VIII DPR yang membidangi urusan keagamaan, perempuan dan bencana alam. Figur yang dinilai kritis dalam mengkritisi langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah dalam menanggulangi krisis-krisis agama di negeri ini menilai pemerintah belum efektif dan optimal dalam melakukan tugasnya, terutama dalam mengambil kebijakan mengenai permasalahan dengan pelayanan haji yang diberikan oleh Departemen Agama.

Related Articles