|  | 

Suara Dapil

Tangkal Aksi Begal, Garda Bangsa Jatim Sebar Nomor Polisi

Surabaya-Underbow atau lembaga kemahasiswaan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Garda Bangsa Jawa Timur, melakukan aksi sebar nomor kontak polisi ke sejumlah pengguna jalan, di Kawasan Jalan Darmo, Surabaya. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap maraknya aksi begal.

Ketua Garda Bangsa Jawa Timur, Ka'bil Mubarok mengatakan, aksi ini merupakan bentuk keprihatinan terhadap maraknya aksi begal. Tentunya aksi ini membuat resah warga Surabaya. Terlebih lagi masyarakat Surabaya memiliki aktivitas yang cukup tinggi.

"Kami memang tidak bisa memantau, namun paling tidak kami mengingatkan dan memberi referensi nomor polisi yang bisa dihubungi," kata Ka'bil disela-sela aksi tersebut, Jumat (6/3/2015).

Ka'bil juga mengatakan, berdasarkan pengamatan di lapangan, pelaku begal banyak dilakukan anak-anak muda. Tentunya kondisi ini sangat ironi dan sekaligus membuat keprihatianan.

Solusinya adalah, pemerintah harus memberikan peluang pekerjaan dan mengenyam pendidikan agar anak-anak muda tidak terjerumus dalam dunia kriminalitas.

Pasalnya, pelaku Begal rata-rata faktor ekonomi dan memiliki pendidikan rendah. "Ini bukan cuma tanggung jawab Garda Bangsa, tapi juga seluruh bangsa Indonesia, terutama stakeholder untuk memperhatikan peluang pendidikan dan pekerjaan bagi anak muda," tuturnya.

Pihaknya berharap aksi begal Ini bisa menjadi perhatian Garda Bangsa di Harlah ke-16, untuk menumbuhkan sebagai anak muda untuk tetap berkreasi. "Tinggalkan perbuatan-perbuatan jahat, terutama kepada masyarakat dan keluarga sendiri," tandasnya

Dalam aksi tersebut, selain menyebar nomor polisi kepada pengguna jalan, mereka juga membentangkan sejumlah poster dan spanduk yang berisi peringatan terkait waspada begal. Salah satu spanduk tersebut bertuliskan "Awas Begal Jalan", "Save On The Street" dan lain-lain.(okezone)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.