|  | 

Suara Dapil

PKB Situbondo Akan Usung Calon Bupati Yang Direstui Kiai

Situbondo-Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Situbondo mulai mengerucutkan kriteria Bakal Calon Bupati yang akan diusung dalam perhelatan Pemilihan Umum Kepala Daerah (pemilukada) yang rencananya akan dihelat Desember mendatang. Salah satu criteria yang ditetapkan PKB kepada bakal calon yakni mendapat dukungan dan restu Kiai. Pernyataan ini disampaikan Ketua Desk Pilkada DPC PKB Situbondo, Munigi Edy Prayitno, sore kemarin.

Menurut Munigi, sesuai dinamika yang berkembang di internal PKB, Deks Pilkada telah menetapkan tiga kriteria bakal calon Bupati yang akan diusungnya yaitu memenuhi kriteria umum, kriteria khusus versi PKB, serta mendapat dukungan tokoh kultur.

Munigi menambahkan, siapapun yang ingin maju menjadi bakal calon bupati dari PKB harus mendapatkan dukungan tokoh kultur maupun struktural organisasi sosial keagamaan seperti Nahdhatul Ulama. Dukungan ini harus dibuktikan melalui surat pernyataan resmi.

“Ketentuan ini sudah sesuai dengan dengan instruksi DPP PKB. Oleh karena itu PKB secara tegas tidak akan menerima bakal calon bupati yang tidak mendapat dukungan Kiai,” katanya.

Meski sejumlah kalangan menilai kriterian PKB menguntungkan segelintir kader PKB yang selama ini dekat dengan sejumlah tokoh kultur, termasuk memberi peluang Bupati Dadang Wigiato mencalonkan kembali melalui PKB, namun menurut Munigi tidak ada jaminan Dadang Wigiarto maju melalui PKB. Sebab Desk Pilkada hanya akan menerima bakal calon Bupati yang mendapat dukungan tertulis tokoh kultur maupun struktur.(bangsaonline.com)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.