|  | 

Pojok Parlemen

Jokowi-JK Diyakini Mengerti Petani

Bogor-Visi misi calon presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla sebagai calon presiden dan wakil presiden dianggap cocok dan selaras dengan agenda perjuangan kaum tani dan warga desa di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Koordinator Nasional Gerakan Desa Bangkit (GD-Bangkit), Idham Arsyad pada acara Deklarasi dan Konsolidasi Gerakan Desa Bangkit untuk Jokowi-JK di Bogor, Jumat (13/6).

Menurut Idham, Gerakan Desa Bangkit untuk Jokowi-JK yang diinisiasi oleh Partai Kebangkitan Bangsa itu merupakan organ jaringan petani dan warga desa nasional yang aktif bergerak memenangkan Jokowi-JK di komunitas petani dan warga pedesaan.

"Hari ini kita konsolidasikan kekuatan petani di Jawa Barat yang merupakan salah satu medan pertarungan pilpres. Dalam waktu dekat akan kami konsolidasikan kekuatan kaum tani dan warga desa secara nasional. Buat kami, Jokowi-JK adalah presiden kaum tani Indonesia", imbuhnya.

Hadir dalam acara itu fungsionaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-JK yang sekaligus Sekretaris Badan Pemenangan Presiden (BP Presiden) DPP PKB M. Hanif Dhakiri. Dalam sambutannya, Hanif Dhakiri menyatakan bahwa Jokowi-JK berkomitmen untuk membangun Indonesia dari pinggiran, dari daerah dan desa-desa.

"Jokowi-JK berkomitmen serius untuk menjadi kaum tani dan desa sebagai subyek pembangunan. Diantaranya melalui agenda implementasi UU Desa secara konsisten, reforma agraria dan program kepemilikan tanah 9 juta hektar untuk rakyat", tegas Sekretaris FPKB DPR RI.

Menurut Hanif, alasan kaum tani dan warga desa mendukung Jokowi-JK sangat kuat. Pertama, Jokowi itu orang kampung. Jadi pasti paham keadaan dan kebutuhan hidup kaum tani dan warga desa.

Kedua, gaya kepemimpinan Jokowi yang apa adanya, jujur dan tidak berjarak dengan rakyat itu cocok dengan dunia para petani dan warga desa. Ketiga, visi-misi Jokowi-JK terkait implementasi UU Desa, reforma agraria dan redistribusi 9 juta hektar tanah untuk rakyat itu merupakan agenda perjuangan kaum tani yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

"Jadi ketiga agenda utama Jokowi-JK itu jelas cocok semua dengan agenda kaum tani," paparnya.

Oleh karena itu Hanif berharap para kader dan anggota Gerakan Desa Bangkit dapat berkontribusi maksimal bagi kemenangan Jokowi-JK dalam pilpres mendatang. "Jokowi-JK harus menang di basis-basis gerakan kaum tani dan di komunitas pedesaan yang isinya orang-orang marhaen dan nahdliyyin", katanya yang disambut teriakan siap dari ratusan aktivis gerakan tani dan desa yang hadir. (jpnn)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.