|  | 

Pojok Parlemen

PKB Apresiasi Wacana Jokowi Soal Kabinet Kerja

Jakarta–Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengapresiasi positif upaya Joko Widodo (Jokowi) untuk membentuk ’Kabinet Kerja’. Dengan demikian koalisi atau kerjasama antar partai politik (parpol) di kabinet lebih berbasis program ketimbang power sharing alias bagi-bagi kekuasaan.

”Wacana Kabinet Kerja yang diusung Jokowi bagus guna menghindari politik transaksional. Idealnya koalisi itu mesti berbasis program. Koalisi parpol di kabinet juga harus mengutamakan visi dan orientasi. Misalnya seperti menyusun GBHN (Garis-Garis Besar Haluan Negara) untuk Indonesia lebih baik,” terang Marwan di Jakarta, Kamis (30/4).

Ia menambahkan, sebutan power sharing itu memang terkesan negatif. ”Jadi kita harus pahami betul bahwa apa yang disampaikan Jokowi tentu semata demi menghindari terjadinya politik transaksional,” tegas Marwan.

Seharusnya, lanjut Marwan, koalisi dengan mengandalkan program kerja pemerintahan ke depan dapat menjadi perhatian bersama. ”Harus disusun pula suatu roadmap program pembangunan yang akan diimpelemtasikan dalam pemerintahan. Ini yang perlu dijadikan concern atau perhatian setiap partai yang ingin berkoalisi,”pungkas Marwan yang juga Ketua Fraksi PKB di DPR ini.(ondopos)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.