|  | 

Suara Dapil

PKB Menang di Jember Dalam Pemilu Legislatif

Jember - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengklaim menang dan mendapatkan perolehan suara terbanyak pada Pemilu Legislatif 2014 di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Hasil penghitungan sementara di internal partai mencatat jumlah perolehan suara pada Pemilu Legislatif mencapai 180.000 suara, namun penghitungan itu masih belum selesai," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Jember Ayub Junaidi, Jumat (18/4).

Berdasarkan penghitungan suara dari Formulir C1 yang diberikan kepada saksi partai politik yang bersangkutan, PKB diperkirakan bisa meraih sembilan hingga 10 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jember.

"Meningkatnya suara PKB pada Pemilu Legislatif 2014 yang mencapai 90 persen dibandingkan Pemilu Legislatif 2009 tidak lepas dari dukungan para kiai Nahdlatul Ulama dan kerja keras seluruh tim DPC PKB di Jember, termasuk seluruh calon legislator," ujar Ayub.

Hasil penghitungan sementara di internal PKB Jember tercatat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mendapatkan perolehan suara sebanyak 170.000 suara dengan prediksi bisa mendapatkan delapan kursi di DPRD Jember. Kemudian Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih bersaing dengan Partai Gerindra dengan prediksi mendapatkan tujuh hingga delapan kursi.

"Kami tetap menunggu hasil penghitungan manual secara resmi yang akan dilakukan oleh KPU Jember pada pekan ini dan saya gembira PKB Jember bisa mendulang sukses dalam pemilu tahun ini," kata Ayub yang juga Ketua Komisi D DPRD Jember itu.

Perolehan kursi di DPRD Jember periode 2009-2014 tercatat Partai Demokrat mendapatkan sembilan kursi. PDIP mendapatkan sebanyak delapan kursi, PKB memperoleh enam kursi, Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) sebanyak enam kursi, Partai Golkar sebanyak lima kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak lima kursi.

Kemudian Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak tiga kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak tiga kursi, Partai Gerindra sebanyak tiga kursi, Partai Hanura dan Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) masing-masing sebanyak satu kursi.
Sementara Ketua KPU Jember Ketty Tri Setyorini mengatakan penghitungan di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) sudah tuntas. Sehingga pihaknya akan melakukan rekapitulasi perolehan suara Pemilu Legislatif pada 20 April 2014.

"Silakan masing-masing parpol melakukan rekapitulasi di internal, namun penghitungan secara resmi dilakukan oleh penyelenggara pemilu dan hasil perolehan tersebut akan ditetapkan dalam rapat pleno terbuka," kata Ketty.(antara)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.