|  | 

Pojok Parlemen

PKB Rebut Kembali Nahdliyin dari Demokrat

Jakarta-Partai Kebangkitan Bangsa disebut berhasil merebut kembali basis suara kaum Nahdliyin dari tangan Partai Demokrat. Suara kaum Nahdliyin pernah direbut demokrat pada Pemilu 2009 lalu.

"Sekarang (suara PD) kembali ke asal. Suara nahdliyin dulu (Pemilu 2009) di Demokrat, sekarang kembali ke PKB," ujar anggota Dewan Pembina PD Ahmad Mubarok usai diskusi "Prediksi Peta Koalisi" di Jakarta, Sabtu (12/4/2014).

Ia mengatakan, pada Pileg 2009 PD berhasil meraup suara sebanyak 21 persen. Menurutnya, suara itu didapat dari massa partai lain. Pada 2009, kata dia, banyak pemilih yang berpindah dari partai dukungan asalnya ke PD.

Mubarok mengatakan ini menanggapi perolehan suara PD berdasarkan hasil hitung cepat beberapa lembaga survei. Menurutnya, kalau saat ini PD memperoleh suara sekitar 9 persen memang itu adalah suara asli pendukung partainya.

"Sesungguhnya, 10 persen itu adalah suara asli. 2004 suara PD masih orisinil. Begitu 2009, dapat 21 persen. Mereka swing voter," kata dia.

Berdasarkan hasil hitung cepat Litbang Kompas, posisi perolehan suara berturut-turut adalah PDI-P dengan 19,24 persen, Partai Golkar (15,01 persen), Partai Gerindra (11,77), dan Partai Demokrat (9,43). PKB berada di posisi kelima dengan perolehan suara 9,12 persen.

PKB menjadi partai Islam dengan perolehan suara tertinggi dibandingkan Partai Amanat Nasional (7,51 persen), Partai Keadilan Sejahtera (6,99), dan Partai Persatuan Pembangunan (6,68).(kompas)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.