|  | 

Pojok Parlemen

Ida Fauziyah Ingin Pastikan Pengungsi Sinabung Terjamin Kebutuhannya

Karo-Ketua Komisi VIII DPR RI yang membidangi permasalahan penanganan bencana alam Ida Fauziyah memastikan bahwa kebutuhan logistik para korban bencana alam letusan gunung Sinabung cukup dan aman.

“Saya ingin memastikan para korban, khususnya pengungsi terjamin segala kebutuhannya dan sekaligus mengevaluasi kinerja BNPB di sana.” Ujar politisi dari Fraksi PKB tersebut saat melakukan kunjungan ke pengungsi Sinabung, Sumatera Utara, kemarin (21/11/2013).

Ida Fauziyah juga mengatakan, Komisi VIII DPR sebagai mitra Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan terus berupaya melakukan percepatan pemulihan daerah tertimpa musibah pasca bencana terjadi.

Dalam pengamatan perempuan yang akrab disapa dengan mbak Ida ini, kondisi para korban bencana letusan Gunung Sinabung di lokasi pengungsian memang lebih baik dari sebelumnya. Meski beitu, Ida Fauziyah yang juga Ketua Umum PP. Fatayat NU inipun berharap tindak lanjut dari BNPB berikutnya, terutama untuk memulihkan pemukiman serta sumber mata pencaharian penduduk yang sebagian besar sebagai petani.

Selaku Ketua Komisi VII DPR, Ida Fauziyah dalam kesempatan tersebut juga menyerahkan bantuan dari BNPB uang sebesar Rp 100 juta dan bantuan 300 dus mie instan dari Kementerian Sosial RI kepada Bupati Karo Kena Ukur Karo Jambi Surbakti yang didampingi Kepala SatuanTugas (Satgas) Tanggap Darurat Bencana Gunung Sinabung Letnan Kolonel (Letkol) Kav. Prince Meyer Putong.

Selain meninjau secara langsung keadaan para pengungsi, Ida Fauziyah selaku Ketua Komisi VIII DPR juga menerima laporan dari Kepala SatuanTugas (Satgas) Tanggap Darurat Bencana Gunung Sinabung Letnan Kolonel (Letkol) Kav. Prince Meyer Putong.

Dalam laporannya Letnan Kolonel (Letkol) Kav. Prince Meyer Putong menyampaikan perkembangan terakhir dari Gunung Sinabung yang tidak bisa diprediksi. Upaya-upaya yang dilakukan tim satgas bekerja sama dengan Pemkab Karo, para relawan dan instansi lainnya dalam penanganan pendidikan anak para pengungsi, kesehatan, infrastruktur para pengungsi dan data logistik para pengungsi.

Lebih lanjut disampaikan, hingga Kamis, 21 November 2013 jumlah pengungsi berjumlah 6226 jiwa yang berada di 16 titik pengungsian di Kecamatan Kabanjahe, Naman Teran, Payung dan Tiganderket. Para pengungsi ini berasal 7 desa dan 2 dusun yang berada di kawasan Gunung Sinabung yang dianggap rawan terhadap letusan Gunung Sinabung.

Atas laporan tersebut, Ida Fauziyah menyampaikan apresiasi atas upaya yang sudah dilakukan ketua tim satgas Letkol. Kav. Prince Meyer Putong dan Pemkab Karo atas upaya-upaya yang sudah dilakukan. Dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat untuk penanganan para pengungsi karena bencana Gunung Sinabung merupakan musibah dan hal ini merupakan ujian bagi Kepala Daerah.(smbr:Dinas Kominfo & PDE Kab. Karo)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.