|  | 

Berita Nasional

Sekjend PKB Fasilitasi Ibu-ibu Keterampilan dan Pemasaran Lewat BLK

MALANG – Anggota DPR RI Dapil Malang Raya M Hasanuddin Wahid atau Cak Udin sukses membangun dan memfasilitasi lima Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas se-Malang Raya.

5 BLK Komunitas yang bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI tersebut berdiri sepanjang tahun 2023.

Di antaranya adalah BLK Komunitas PP. Miftahul Hikmah Sidomulyo Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang, BLKK Yayasan Sunan Kalijogo Jabung, BLKK Yayasan KH. As’ad Ismail PP. Miftahul Ulum RU-IV Ganjaran Gondanglegi Malang, BLKK Yayasan Pendidikan dan Pondok Pesantren Al-Huda Patokpicis Wajak dan BLKK Yayasan Pendidikan Al Khoiriyah Putukrejo Gondanglegi Malang.

"BLK Komunitas ini sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan kompetensi sesuai bidangnya masing-masing, contoh kayak pesantrennya Gus Mahrus Sumawe itu mengusulkan desain komunikasi visual, itu bagus yang nantinya akan membekali anak muda membantu home industri dari masyarakat untuk memasarkan produknya secara digital, kata Cak Udin dalam keterangannya, Sabtu (9/11/2023).

Pria yang juga Sekjen DPP PKB itu menyampaikan bahwa terbentuknya BLK Komunitas yang didominasi oleh kalangan pondok pesantren ini diharapkan dapat mencetak tenaga kerja mandiri.

Dengan demikian, lanjutnya, BLK Komunitas tidak hanya melatih, tapi memberikan pendampingan dan pemberdayaan kepada masyarakat.

"Misalnya, ada ibu-ibu yang bisa menjahit. Nanti mereka dilatih agar tidak hanya menjahit, tapi juga mempelajari trend fashion kekinian dan terpenting adalah pendampingan dalam pemasarannya," ucap Cak Udin.

Pria asal Kota Batu itu menerangkan bahwa saat ini adalah eranya kompetisi dan kolaborasi. Namun dua hal itu baru bisa dilalui ketika seseorang mempunyai keterampilan dan keahlian khusus.

"Jangan sampai dia hanya ahli, bisa bikin ini itu, tapi tidak bisa dalam pemasaran. Sebab itu digital marketing dalam BLK Komunitas ini terus ditingkatkan," jelasnya.

Cak Udin berharap BLK Komunitas di Malang Raya pada tahun berikutnya bisa bertambah dan memberikan multiplier effect bagi masyarakat banyak, terutama anak-anak muda potensial dan emak-emak.

"BLK Komunitas ini terbukti bisa mengurangi angka pengangguran karena yang semula ibu-ibu tidak ada aktivitas di rumahnya, setelah dilatih, mereka bisa menjalankan aktivitas berbasis home industry. Ini bagus dilanjutkan," pungkasnya.

Hingga tahun 2023 ini, Cak Udin telah memfasilitasi 23 BLK Komunitas. Yakni 8 BLKK (2021), 10 BLKK (2022) dan 5 BLKK (2023).

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.