|  | 

Berita Nasional

Pak Bach Sebut Empat Pilar Adalah Imun Bangsa

TEGAL - Empat pilar kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, Bhineka Tinggal Ika, NKRI, dan UUD 45, adalah adalah benteng pertahanan bangsa. Berbagai upaya memecah belah merupakan penyakit yang harus diproteksi dengan merefleksikan empat pilar kebangsaan di kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut dipaparkan anggota DPR RI Fraksi PKB, Bachruddin Nasori, saat menyampaikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Gedung Among Dwijo Pangkah, Kabupaten Tegal, sabtu (26/09/20).

Pak Bach, sapaannya, mengibaratkan empat pilar kebangsaan sebagai sistem imun yang ada pada tubuh manusia. "Empat pilar itu seperti imun di badan kita, kalau imun tubuh sehat, badan pasti sehat."

"Kita akan jauh dari penyakit-penyakit yang memecah belah bangsa. Bahkan dengan badan sehat, kita bisa kuat membangun bangsa lebih maju lagi," terang anggota komisi III tersebut.

Penyakit yang bisa memecah belah bangsa, sambungnya, adalah berbagai paham yang bertentangan dengan nilai pancasila. "Seperti komunisme dan khlilafah itu adalah virus yang bisa merusak bangsa kita," imbuhnya.

Menurut Pak Bach, seperti di masa pandemi covid 19 ini, selain menjaga kesehatan tubuh dengan melaksanakan protokol kesehatan, masyarakat juga harus menguatkankesatuan dan persatuan sesuai nilai empat pilar kebangsaan.

"Apalagi ini masa pandemi, musibah yang menimpa seluruh dunia. Cara satu-satunya untuk melewati masa krisis ini adalah kita harus bersatu, bersama untuk tetap mebangun negeri."

"Maka itu selain jaga kesehatan dari corona, kita juga harus sama-sama menjaga bangsa ini dengan menguatkan nilai-nilai pancasila," tuturnya lagi.

Acara ini dihadiri oleh para tokoh agama dan tokoh masyarakat di kabupaten Tegal. Lebih dari 150 orang paserta juga hadir mengikuti acara sosialisasi empat pilar ini.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.