|  | 

Berita Nasional

Komisi IX Minta Sinergi Antar Kementerian Tangani Virus Corona

JAKARTA - Komisi XI DPR RI mengapresiasi kinerja pemerintah yang telah memulangkan warga negara Indonesia dari wilayah terisolir wabah virus corona, Wuhan, China. Pemerintah dinilai progresif dengan melakukan semua tindakan antisipatif mencegah penyebaran virus corona ke tanah air.

"Semua antisipasi sudah dilakukan dari semua lini. Dari soal kesehatan, perhubungan dan lainnya. Kami apresiasi atas hal ini," ujar Anggia Ermarini di Komplek Parlemen Senayan, senin (03/02).

Namun, Anggi menyampaikan, selain langkah antisipasi mencegah penularan virus ini, pemerintah harus juga memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat. "Yang terpenting adalah edukasi kepada masyarakat bahwa virus corona ini tidak bisa tiba-tiba menular. Masyarakat harus tahu bagaimana model penularannya agar bisa mengantisipasi dengan baik," imbuh anggota komisi IX ini.

Anggi menegaskan, meski persoalan ini kor-nya di Menteri Kesehatan, peran menteri perhubungan dan menteri komunikasi dan informasi juga berperan penting. Sinergi antar kementerian ini, lanjutnya, sangat penting karena persoalan virus corona tidak hanya terkait kesehatan semata.

"Kebetulan saya tadi juga habis rapat di banggar. Banyak dari para pengusaha memberikan informasi bahwa kasus virus Corona ini berdampak signifikan terhadap pertumbuhab ekonomi Indonesia. Seperti di Bali dan batam, mengalami penurunan signifikan. Karena kekhawatiran orang lain untuk datang kesini," paparnya

Karena transmisinya datang dari luar, sambungnya lagi, ia meminta menteri perhubungan harus melakukan screening yang memadai dan lebih ketat lagi. "Meski belum ada satupun kasus yang terinspeksi, tapi langkah defensif harus tetap dikuatkan."

"Selain itu, Menkominfo juga harus memberikan informasi dan edukasi. Sebab informasi di masyarakat yang membuat panik ini akan memperburuk keadaan. Termasuk media dalam memberikan soal virus Corona ini," tukasnya.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.