|  | 

Opini

Kasus Anak Posting Hinaan Kepada Ibunya, Iya Juwita: Budaya Kita Telah Bergeser

Posting hinaan seorang anak kepada ibunya sendiri di facebook ramai jadi perbincangan. Akun facebook dengan nama ‘Friska Meila Anastasya’ yang diduga berada di Blitar, Jawa Timur ini mengunggah foto ibunya sendiri dengan narasi diluar batas norma dan adab.

Anggota DPR RI FPKB, Ratna Juwita Sari, angkat bicara terkait peristiwa ini. Menurutnya, peristiwa ini harus menjadi keprihatinan bersama. "Kita mesti prihatin atas ramainya perbicangan di media sosial tentang anak yang menghujat orang tuanya melalui facebook. Ini menunjukkan pendidikan moral kita yang terkenal dengan budaya ketimuran sudah mulai bergeser," terang legislator asal dapil Tuban-Bojonegoro ini, rabu (16/10).

Iya Juwita, sapaan akrabnya, menilai pergeseran budaya ini disebabkan lemahnya pendidikan moral yang seharusnya dilakukan sejak dini. "PKB, sebagimana arahan ketum Gus Muhaimin, punya konsen yang tinggi terhadap pendidikan, terutama pendidikan karakter. Sebab inilah hal mendasar saat kita ingin mengejar ketertinggalan di bidang apapun dari negara-negara lain," imbuhnya lagi.

Sebagaimana diketahui, akun Friska Meila Anastasya melakukan beberapa kali postingan ujaran kebencian kepada ibunya sendiri. Konten tulisan tersebut berisi cacian hingga makian bahkan menyematkan kata idiot di salah satu posting tersebut.

Fenomena yang tak patut ditiru tersebut, sambungnya, harus menjadi peringatan bersama. Sebab itu, iya juga menegaskan agar masyarakat menguatkan kembali peran keluarga dalam pendidikan karakter.

Iya menyarankan agar kasus ini bisa diselesaikan melalui pendekatan pendampingan dan bimbingan.

"Kalau ini pelakunya masih remaja, maka harus lakukan bimbingan dan pendampingan. Kita tdk bisa melihat dari satu sisi semata. Tapi kita harus melihat kasus ini secara seimbang dan komprehensif," tukasnya.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.