|  | 

Berita Nasional

Cucun: Target Indonesia menjadi lumbung pangan 2025 harus tercapai

JAKARTA - Buka Forum Diskusi Group bertajuk Mengawal Kebijakan Pembangunan Pertanian Jokowi - Ma’ruf , Pimpinan Fraksi PKB DPR RI H Cucun Ahmad Syamsulrijal bakal mendorong kemajuan dunia pertanian baik secara regulasi ataupun anggaran.

“Fraksi PKB jelas berpihak pada rakyat, apalagi untuk persoalan pertanian. Target Indonesia menjadi lumbung pangan 2025 harus tercapai,” katanya saat sambutan, Rabu (18/92019).

Di periode kedua Jokowi , sektor pertanian menurut Politisi asal Kabupaten Bandung sudah harus menjadi prioritas.”infrastruktur yang sudah terbangun di periode awal tentu mendukung fokus pembangunan pertanian,” katanya.

Dilemanya pembangunan pertanian hari menurut Kang Cucun selain persoalan regenerasi petani adalah subsidi anggaran pemerintah di sektor pertanian yang belum seimbang.

“Ini perlu kita dorong melalui kebijakan, kami Fraksi PKB akan mengawal itu,” tuturnya.

Sementara itu, Ibnu Multazam Kapoksi Komisi IV yang hadir sebagai narasumber menyebut pentingnya peningkatan sinergi antar stakeholder di sektor pertanian.
“Agar tidak ada egosektoral dan mencapai target yang maksimal,”Katanya.

Belum lagi soal perlindungan petani. Banyak terjadi kasus yang merugikan petani. “Itulah kenapa Proteksi itu penting, agar tidak ada kriminalisasi terhadap petani kita ,” tandasnya.

Ketua Umum Gerbang Tani Idham Arsyad menyorot potensi Indonesia yang luar biasa antara area lahan dan komiditas pertanian yang dapat tumbuh di Indonesia. “Persfektif ekonomi ini luar biasa di Indonesia, potensi pertanian untuk maju sangat terbuka, tinggal bagaimana negara mendorong basis pertanian maju kedepannya”, tandasnya.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.