|  | 

Berita Nasional

Ketua Komisi IV Ingin Layanan Karantina Satu Atap

JAKARTA - Ketua Komisi IV Fraksi PKB, Daniel Johan memandang perlunya pengendalian untuk menyatukan seluruh layanan karantina yang ada di beberapa kementerian. Menurutnya, karantina ini sangat dibutuhkan oleh bangsa kita agar dapat mengendalikan serangan produk-produk luar negeri (11/09)

"Jadi kita bisa jaga-jaga, sehingga kita bisa memaksimalkan peningkatan produk hewan, ikan dan tumbuhan dalam negeri," ujar Daniel dalam rapat RUU Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan bersama 5 Kementerian di Gedung Parlemen, kemarin.

Daniel mengatakan, layanan satu atap yang menjadi rujukan pembuatan undang-undang ini dinilai akan memiliki dampak besar pada kesejahteraan petani. Selain itu juga menguatkan negara dalam menghadapi persaingan bebas.

"Makanya seluruh karantina akan digabungkan menjadi satu. Kan selama ini terpecah  ada yang di Kementan, kemudian Kementerian Perikanan dan Kelautan, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Semua harus satu atap untuk memudahkan layanan dan menjaga negara dari barang berbahaya," ujar dia.

Menanggapi hal ini, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerjasama yang baik antara pemerintah dan DPR dalam menguatkan semua karantina menjadi satu kesatuan.

"Insya Allah karantina akan menjadi satu kesatuan yang kuat dalam menghadapi serangan barang luar negeri yang tidak sesuai. Kemudian karantina juga akan memberikan pelayanan yang jauh lebih baik dan betul-betul bisa dipertanggungjawabkan kepada publik," katanya.

Amran mengatakan semua upaya ini semata-mata untuk melindungi masyarakat dari konsumsi dan penggunaan barang berbahaya. Disisi lain, RUU Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan juga dinilai mampu mempermudah pelayanan menjadi serba cepat.

"Pengaruh aturan ini tentu saja akan sangat positif untuk rakyat Indonesia. Artinya kita ingin menjadi negara kuat dan mudah melayani masyarakat, itu kata kuncinya. Kan sekarang ini kita melayani bukan lagi dilayani," katanya.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.