|  | 

Berita Nasional

Ketua Fraksi PKB Masuk Daftar Wakil Rakyat Terbaik Panggung Indonesia, Ini Kiprahnya

JAKARTA - Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal masuk dalam daftar Wakil Rakyat terbaik yang diterbitkan oleh Panggung Indonesia.

CEO dan Founder Panggung Indonesia Ichwanudin Siregar mengatakan, acara penghargaan Wakil Rakyat Terbaik 2019 itu akan diadakan sebelum pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 mendatang.

“Dipilihnya waktu pelaksanaan itu sekaligus bertujuan agar bisa memberikan pendidikan politik kepada pemilih. Sebab, dalam buku penghargaan itu akan memuat rekam jejak, tentang apa saja yang sudah dilakukan selama menjabat. Jadj, pemilih tidak memilih kucing dalam karung. Kebetulan penerima Wakil Rakyat Terbaik 2019 ini maju kembali pada Pemilu 2019 dan publik bisa menilai kinerjanya sebagai petahana," kata pria yang akrab disapa Iwan ini dalam rilisnya kepada wartawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Isi buku itu mewakili tiga kriteria yang ditetapkan Panggung Indonesia dalam memilih Wakil Rakyat Terbaik 2019. Yakni, peduli dan aspiratif terhadap konstituen, kehadiran rapat, serta tidak terlibat kasus korupsi.

Diketahui Cucun merupakan Anggota Komisi VI yang aktif dan terus memperjuangkan hak rakyat. Tidak heran jika Wakil Rakyat dari dapil Jawa Barat II ini masuk dalam daftar 10 legislator terbaik.

Setiap tahun, legislator asal Kabupaten Bandung ini membagikan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada masyarakat di dapilnya. Terakhir, Cucun menggandeng mitra kerja komisi VI, Kementerian Pertanian RI (Kementan) dalam reses ke-3 masa sidang 2018/2019.

"Sudah ada Seribu lebih alsintan yang di bagikan untuk kelompok tani di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat," ujar Cucun saat membagikan 150  Alsintan di kabupaten solokan Jeruk, Bandung, Sabtu 16/2/19 kemarin.

Dalam Acara yang bertajuk Temu Teknis dan Penyuluh dan Petani Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045 ini Cucun Juga memperjuangkan nasip Penyuluh pertanian untuk masuk dalam perjanjian kontrak kerja setara PNS yang sedang diadakan oleh pemerintah.

"Bagaimana keberhasilan pertanian ini akan tercapai kalau advokasi untuk para petani ini tidak dilakukan. Kan yang paham hal seperti ini sarjana-sarjana pertanian. Mereka sudah kerja puluhan tahun, mereka kalu dari sisi regulasi ASN tidak mungkin menjadi PNS, kita ada satu skema yaitu perjanjian kontrak kerja tetapi setara pns ini harus diperjuangkan," ujarnya.

Ketua Umum Organisasi Kepemudaan DKN Garda Bangsa ini mengatakan, dari 70 ribu kebutuhan penyuluh, baru 30 ribu terpenuhi, masih kurang 40 ribu. Kemarin kita sudah duduk bersama di badan anggaran bersama para kementerian teknis, baik honorer guru, dll, terutama saya berjuang untuk honorer pertanian, karena ini penting sekali harus kita perjuangkan.

"Rata-rata Kabupaten Bandung dan Bandung Barat masing-masung ada 200 (penyuluh pertanian). Skema ini baru mengangkat 50 per kabupaten. Kesejahteraan penyuluh ini harus kita perjuangkan, biar mereka semangat, mereka berkerja full perhatian kepada petani kalo kesejahteraan mereka ini diperhatikan," tegasnya.

Diketahui ada 10 Anggota DPR RI yang mendapatkan Penghargaan Wakil Rakyat Terbaik 2019 dari Panggung Indonesia.

Mereka adalah Cucun Ahmad Syamsurijal (Fraksi PKB) di Dapil Jawa Barat II, Bambang Soesatyo (Fraksi Golkar) dan Utut Ardianto (Fraksi PDIP),  Melani Leimena Suharli (Fraksi Demokrat), Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (Fraksi Gerindra).

Selain itu, Tamsil Linrung (Fraksi PKS), A Bakri HM (Fraksi PAN), Amir Uskara (Fraksi PPP), Jonny G Plate (Fraksi Nasdem), serta Djohny Rolindrawan (Fraksi Hanura).[]

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur