|  | 

Berita Nasional

Cak Imin: Jangan Cuma Nobar G30S/PKI, Nonton Juga Sang Kiai

JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tak merisaukan isu pemutaran film Pernghianatan Gerakan 30 September oleh Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) yang digagas Panglima Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Dia mengatakan hal itu merupakan hak setiap orang.

"itu kan hak masing-masing. PKB juga pernah menggagas nonton bareng film yang bertema perjuangan juga, Film Sang Kiai," ucap pria yang akrab disapa Cak Imin itu di Jakarta, Jum'at 29/9.

Bahkan, Cak Imin menyarankan agar tak hanya menonton film Pemberontakan G30S/PKI saja, namun juga menonton film besutan Sutradara Rako Prijanto yang menceritakan Hadratussyaikh KH. Hasyim Asy'ari, Pendiri Nahdlatul Ulama (NU).

"kalo bisa jangan hanya nobar Film G30S/PKI saja, tonton juga Film Sang Kiai, sama-sama menceritakan perjuangan dan perang kemerdekaan," ujarnya.

Ditanya soal kebangkitan PKI, Cak Imin mengatakan Partainya dan Nahdlatul Ulama (NU) siap mengawal masyarakat yang dianggap rentan terprovokasi isu Partai Komunis Indonesia (PKI). Ia juga meminta masyarakat tidak perlu khawatir mengenai isu komunisme yang marak diperbincangkan belakangan ini.

“PKI masa lalu, tapi tidak boleh juga dilupakan,” kata Mantan Menteri Tenaga Kerja itu.

Pada tahun 1965, PKI dinyatakan sebagai partai terlarang di Indonesia. PKI dianggap berkhianat karena ingin menyebarkan paham Pancasila menjadi paham komunisme di Indonesia.[]

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.