|  | 

Berita Nasional

PKB dan PBNU Siap Berangkat ke Palestina

JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyatakan, pihaknya bersama Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) siap ke Palestina untuk turut menyelesaikan persoalan di wilayah itu, terutama polemik yang terjadi  di Masjid Al-Aqsa.

"Masjid Al-Aqsa harus dibuka, saya siap dengan NU untuk hadir di sana," kata pria yang akrab disapa Cak Imin beberapa waktu lalu.

Hanya, tambah Cak Imin, PKB maupun NU tidak mungkin jalan atau bertindak sendiri, melainkan harus melalui jalur resmi, yakni Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"PKB mendorong Pemerintah, khususnya Kemenlu, untuk proaktif mendesak Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menghentikan kekerasan yang dilakukan oleh Israel," ucap Cak Imin.

PKB juga mengimbau Israel untuk memperhatikan tekanan muslim dunia atas tindakannya itu. Pemerintah Indonesia sendiri mengecam keras pelarangan ibadah salat di Masjid Al Aqsa, Jerusalem, Palestina, dan jatuhnya korban jiwa dalam kekerasan terkait dengan persoalan itu.

"Ini penting agar kekerasan tak berkepanjangan," katanya.

Pemerintah Indonesia meminta agar masyarakat dapat membantu penyelesaian konflik dan penjajahan yang masih terjadi di Palestina.

Pemerintah Indonesia juga mendesak Israel untuk tidak mengubah 'status quo' kompleks Al-Aqsa agar Masjid Al-Aqsa dan the Dome of the Rock atau Masjid Kubah Batu tetap menjadi tempat suci yang dapat dimasuki semua muslim.[]

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.