|  | 

Berita Nasional

Datangi BIN, Daniel Johan: Nelayan Ingin Meminta Penjelasan Siapa Mafia Kartel Itu

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang dikenal dekat dan dari awal ikut memperjuangkan keinginan nelayan ingin meminta konfirmasi kepada Kepala Badan Inteligen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) terkait pernyataannya yang menyebutkan ada kekuatan mafia kartel yang ingin menggoyang posisi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.

Wakil ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan yang merupakan mitra KKP bersama nelayan sore ini akan mendatangi Kantor BIN untuk meminta penjelasan.

"Untuk mendapatkan penjelasan dan mendorong diungkap secara jelas siapa mafia kartel tersebut, biar tidak terjadi simpang siur,” ungkap Politisi Fraksi PKB tersebut di Jakarta, Jum’at 14/7.

Daniel menjelaskan, pihaknya sudah mengajukan audiensi dengan kepala BIN, dan sore ini bersama semua stakeholder akan langsung ke kantor BIN.

“Yang akan datang nelayan dan seluruh asosiasi perikanan dan paguyuban nelayan. Saya ikut hadir mewakili Komisi IV untuk dapat penjelasan," tuturnyanya.
Daniel menambahkan, langkah ini dilakukan agar tidak ada kesan nelayan dan para stakeholder perikanan justru yang dianggap sebagai mafia. Padahal kelompok nelayan ini disebut seharusnya dilayani dan dilindungi pemerintah agar bisa bersama-sama membesarkan perikanan nasional untuk mewujudkan visi misi kemaritiman Presiden Joko Widodo.

"Jangan sampai pemerintah bertempur dengan rakyatnya sendiri, lawan kita adalah persaingan global yang semakin sengit. Maka perlu memperkuat stakeholder perikanan dalam negeri," sebut Daniel.

Bahkan, Daniel mengatakan, kelompok nelayan dan asosiasi perikanan ingin bekerja sana dengan BIN untuk memberantas mafia kartel pangan. Daniel meyakini BG tidak bermaksud menuduh kelompok nelayan sebagai mafia martel tersebut.

"Ayo satukan kekuatan untuk berantas mafia kartel, dan kita perkuat kekuatan nasional agar makin mandiri dan berdaulat. Kita dukung BIN berantas mafia kartel. Jangan sampai stakeholder yang harus dibesarkan untuk wujudkan visi maritim malah dianggap mafia," tuturnya.

Sebelumnya, BG mengatakan ada kekuatan yang ingin menyingkirkan Susi dari posisi menteri. Ini terkait dengan kartel pangan dan energi itu. BG mengatakan ada operasi intelijen yang sangat masif dengan tujuan menjatuhkan produk lokal. Selain itu juga kondisi ekonomi Indonesia dikuasai kartel pangan dan energi yang sulit diberantas.

Kekuatan kartel itu disebut ingin menyingkirkan Susi dari posisi menteri. Bahkan BG menyebut salah satu serangan balik terhadap Susi yang berusaha memberantas kartel adalah dengan demo-demo nelayan beberapa waktu lalu.[]
 

 

 

 

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.