|  |  |  | 

Agenda Reses Berita Nasional Jendela Reses

Bisri Romly Usulkan SD Negeri di Pegunungan Kota Santri

PEKALONGAN – Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Bisri Romly meminta kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan untuk mendirikan SD negeri di Dukuh Purbo, Desa Jolotigo, Kecamatan Talun yang berlokasi di daerah pegunungan Kota Santri. Pasalanya, belum ada lembaga pendidikan dasar milik Negara yang berdiri di wilayah tersebut sehingga pendirian sekolah dasar dirasa sangat mendesak.

 

“Di sana (Dukuh Purbo-red) memang ada sekolah dasar. Penduduk di Dukuh Purbo majemuk ada nonmuslim dan muslim. Karenanya untuk keadilan akses pendidikan dasar, maka pemerintah wajib hadir dengan wujud mendirikan SD Negeri di sana. Dengan begitu, siswa baik Muslim dan Muslim bisa sama-sama mendapatkan pendidikan agama sesua keyakinan masing-masing,” katanya di sela-sela kegiatan kunjungan dapil di Bojong, Kabupaten Pekalongan, belum lama ini.

 

Bisri mengaku, Pihaknya sudah berkomunikasi dengan Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi mengenai permintaan tersebut. Menurutnya, secara prinsip bupati menyetujuinya apabila ada masyarakat yang mewakafkan tanah untuk dijadikan lokasi SD yang akan dibangun.

 

“Mengenai tanahnya PKB sudah berencana membeli, dan sekarang masih dalam proses,” kata Ketua DPC PKB Kabupaten Pekalongan itu.

 

Bisri menambahkan, pendirian sekolah dasar negeri di Dukuh Purbo dirasa penting dilakukan guna memberikan hak dan keadilan pendidikan dasar bagi warga di Dukuh setempat. Sementara ini, di sana hanya ada satu sekolah dasar yang dikelola Yayasan non-muslim.

 

“ini adlah upaya untuk memberikan hak yang sama terhadap pendidikan agama baik non Muslim maupun siswa Muslim, maka sekolah negeri adalah solusi tepat,” tendasnya.[]

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.