|  | 

Berita Nasional

Cak Imin: Pancasila Jembatan Umat Beragama Untuk Bangun Kedamaian

 

JAKARTA – Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar mengaku optimalisasi kebersamaan dalam perbedaan antar agama di Indonesia dinilai sebagai agenda yang berat. Disampaikan seusai membuka acara diskusi bertajuk Gerakan Membumikan Pancasila, di Graha Gus Dur, Kantor DPP PKB, Rabu, 31/5, pria yang akrab disapa Cak Imin ini menjelaskan, ego sektoral serta individual sejumlah masyarakat Indonesia masih ada.

“Masih ada ego agama, Pancasila menjadi relevan bagi kita, berbeda agama tapi tetap damai, berbeda agama tetap bersatu tidak egois apalagi meresa paling benar, karena itu pancasila menjadi jembatan bagi umat beragama untuk bangun kedamaian,” ujar pria kelahiran jombang tersebut.

Untuk itu, Cak imin meminta kepada seluruh elemen bangsa untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan kebersamaan antar masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Cak Imin ini menjelaskan, ada dua pola membumikan pancasila. “Pertama partisipasi masyarakat, pemimpin formal maupun informal bekerjsama dengan para seniman dan juga budayawan,” terangnya.

Langkah ini, Lanjut Cak Imin, merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mengkampanyekan Pancasila dan memperkayanya dalam kehidupan nyata sehari-hari.

“Kedua political will, dalam konteks ini pemerintah telah membuat UKP-PIP, kita menyambut baik dan mendukung, agar sosialisasi kepentingan nilai-nilai Pancasila terus dilaksanakan dan menjadi pola hidup dan pegangan masyarakat,” tukasnya.[]

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.