|  | 

Berita Nasional

Jazil: Kabinet Bayangan Itu Melanggar, Harusnya Kritisi Saja Di Ruang Konstitusi

 

JAKARTA - Kabinet bayangan telah disiapkan Partai Gerindra mengantisipasti sewaktu-waktu pemerintahan yang sah tumbang, dinilai PKB sebagai tindakan di luar konstitusi. Wasekjen PKB, Jazilul Fawaid, mengatakan seharusnya sebagai partai politik menjalankan amanat Undang-Undang.

"Kalau membuat APBN bayangan dan kabinet bayangan itu gerakan di luar konstitusi. Seharusnya sebagai partai politik menjalankan amanat Undang-Undang. Setiap parpol sudah diberikan hak menyampaikan aspirasi.

Munculnya wacana kabinet, memang keluar dari pernyataat pengurus Partai Gerindra pada akhir pekan lalu. Waketum Gerindra Ferry Juliantoro mengatakan Gerindra dan PKS yang menjadi partai oposisi telah membentuk kabinet banyangan. Kabinet bayangan tersebut siap mengambil alih pemerintahan jika sewaktu-waktu pemerintahan yang sah tumbang secara konstitusional maupun tidak konstitusional.

Jazilul mengimbau sebaiknya parpol oposisi mengkritisi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Jazil pun menegaskan, jika Gerindra serius membentuk kabinet bayangan, artinya mereka sudah melakukan pelanggaran.

"Di DPR kan setiap fraksi memiliki hak menyampaikan aspirasi, jadi jangan bertindak di luar konstitusi, nanti bisa diketawain orang. Boleh berdebat selama dalam ruang koridor konstitusi, saya yakin para petinggi paham soal itu, baik itu cara memberikan aspirasi dan pengawasan, kan ada aturannya," pungkasnya.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.