|  | 

Berita Nasional

DPR Soroti Capaian Bidang Perikanan Nasional, DJ: Ini Bidang Terpuruk


JAKARTA - Dua tahun pemerintahan Jokowi-JK mendapat sorotan tajam dari DPR RI. Wakil Ketua Komisi IV DPR, Daniel Johan, menilai pencapaian terpuruk dalam kabinet pemerintahan saat ini adalah bidang perikanan nasional.

Poros maritim dunia yang selalu digaungkan pemerintah, menurut pria yang akrab disapa DJ ini, bukannya makin tercapai. Tapi malah makin mengalami kemunduran. "Kita sangat prihatin karena justru itu program unggulan dan janji Jokowi untuk wujudkan poros maritim semakin jauh," ungkap DJ di Jakarta, selasa 18/10.

Meski diakui pemberantasan illegal fishing berjalan cukup baik, namun hal ini tidak dibarengi penguatan perikanan nasional. "Jadi bila ada yang kurang dari pemerintahan Jokowi maka kegagalan terbesarnya adalah dunia perikanan dan kelautan yang terpuruk," ujarnya lagi.

Akan tetapi, kurun dua tahun pemerintahan saat ini berjalan, Wasekjen PKB ini juga menyebut banyak gebrakan yang patut diapresiasi atas kinerja Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Gebrakan pemberantasan suap dan pungutan liar yang mendapat perhatian serius Jokowi beberapa waktu lalu, sambungnya, merupakan langkah kongkrit yang sinergis antara perencaan dan pelaksaan.

"Ini harus dilanjutkan dengan konsisten di lapangan sampai persoalan pungli tidak menjadi budaya dan tidak berhenti hanya di media," imbuhnya.

Selain itu, di bidang kedaulatan pangan pun cukup membawa kemajuan. Sehingga kemandirian pangan di tingkat provinsi juga perlu dilanjutkan.  Sehingga, masing-masing provinsi bisa memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari secara mandiri tanpa harus bergantung dari provinsi lain.

"Bahkan dana desa harus dimanfaatkan membentuk bumdes bulog mandiri sehingga kedaulatan pangan menjadi tangguh sampai di tingkat desa," demikian sarannya.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.