|  | 

Berita Nasional

Jelang KTT-LB OKI, Cak Imin Serukan Dukung Kemerdekaan Palestina Lebih Bergema

CAK IMIN-JOKOWIJAKARTA - Jelang pertemuan Konfrensi Tingkat Tinggi Organisasi Luar Biasa Orginsasi Kerjasama Islam (KTT-LB OKI), Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar, menyerukan untuk lebih menggemakan dukungan terhadap berdirinya negara Palestina. Menurut Cak Imin, sebagai tuan rumah KTT-LB OKI untuk pertama kalinya, Indonesia harus memberi peran besar dalam mewujudkan kemerdekaan warga palestina di tanah mereka.

"Setiap kader PKB adalah duta besar Palestina di Indonesia. Kita suarakan dan gemakan lebih gaung lagi suara mendukung berdirinya dan kemerdekaan Palestina," kata Cak Imin dalm akun twitternya, kamis 03/03.

Menurut rencana, KTT-LB OKI akan diselenggarakan 6-7 Maret pekan depan di Jakarta. Pertemuan 49 pimpinan negara itu, salah satunya membahas tentang kemerdekaan Palestina. Cak Imin pun menyatakan, mendukung kemerdekaan Palestina bukan hanya mewujudkan janji presiden saat pemilu lalu. Melainkan, bentuk tradisi PKB dalam mewujudkan nilai kemanusian.

Karena itu, lanjutnya, PKB menginginkan upaya ini juga dilakukan dengan cara kemanusiaan. "Langkah pemerintahan Pak Jokowi meneruskan tradisi kita membantu bidang kemanusiaan bagi warga Palestina, harus kita dukung penuh. Indonesia mendukung berdirinya Negara Palestina dengan cara diplomatik, dialog, etika internasional. Bukan jihad2an!"

"Sebab, masalah kemerdekaan palestina adalah masalah HAM, bukan karena agama atau apapun. Presiden sudah menunjukkan langkah konstruktif mewujudkan dukungan berdirinya negara Palestina. Semoga tak ada kegaduhan di pemerintahan soal dukungan berdirinya negara Palestina," tegasnya panjang lebar.

Selain itu, cicit dari pendiri NU ini juga mengusulkan kepada pemerintah untuk memberikan penghargaan terhadap tokoh Palestina Amir al Husseini. Ia menuturkan, Amir al Hussaini adalah tokoh Palestina berjasa bagi pengakuan Liga Arab bagi kedaulatan RI saat dunia tak mau akui.

"Presiden Soeharto berjanji thn 1977 akan beri penghargaan kpd Mufti Jerusalem Amir al Husseini yg berjasa bagi kita. Mohon Ibu Menteri Sosial Khofifah mau mengusulkan janji memberi penghargaan bagi Amir al Husseini. Kita juga ingin ingatkan kembali bahwa medukung NegaraPalestina adalah utang kita kepada bangsa Palestina, harus kita bayar!. Padahal, kita berhasil bantu kemerdekaan dan perdamaian di Aljazair, Tunisia, Kamboja, Mesir, Kongo dll. Mosok dukung NegaraPalestina jadi statis?," tukasnya.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.