|  | 

Berita Nasional

FPKB Minta Pemerintah Naikkan Anggaran Kesehatan 2016

HFZ_8796

Juru bicara FPKB, Cucun Syamsurijal menyampaikan pandangan awal FPKB terhadap RAPBN 2016 saat sidang paripurna ke 30 di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (26/5)

Sidang paripurna pandangan awal fraksi terhadap RAPBN 2016, FPKB minta pemerintah naikkan anggaran kesehatan 2016.

JAKARTA- Fraksi PKB menyatakan persetujuan RAPBN 2016 untuk dilakukan pembahasan lanjutan. Meskipun demikian, FPKB memberikan beberapa catatan yang perlu diperhatikan pemerintah.

"Kami meminta pemerintah berhati-hati dalam pembiayaan yang menggunakan hutang (luar dan dalam negeri). Pemerintah perlu memperhatikan UMKM sebagai jangkar ekonomi bangsa yang mampu bertahan dalam persaingan global," kata juru bicara Fraksi PKB Cucun Syamsurijal saat membacakan pandangan FPKB terhadap RAPBN 2016 dalam sidang paripurna ke 30 di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (26/5).

Pemerintah, lanjutnya juga perlu memperhatikan pemerataan pembangunan antar wilayah barat dan timur di Indonesia.  Fraksi PKB juga meminta keseriusan penanganan di bidang pendidikan dan kesehatan.

"Anggaran 20 persen dari APBN harus digunakan dengan sebaik-baiknya untuk pendidikan. Dan menyarankan agar pemerintah menaikan anggaran kesehatan sebesar 5 persen dari APBN," lanjut Cucun politisi asal Bandung ini.

Terkait dengan pertumbuhan ekonomi di RAPBN 2016, Fraksi PKB menilai target 6 persen dapat tercapai. Fraksi PKB juga mengingatkan pemerintah agar memfokuskan RAPBN 2016 pada kesejahteraan rakyat, pengurangan kemiskinan dan pengangguran.

"RAPBN 2016 tidak boleh hanya business as usual tapi harus out of the box. Untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat pemerintah masih menggunakan rentang asumsi makro yang moderat dan over estimate," jelas Cucun di depan peserta sidang paripurna.

Oleh karena itu, dalam pandangan fraksi yang disampaikanya, Cucun berharap pemerintah merealisasikan prinsip dan nilai yang dianut PKB dalam implementasi RAPBN 2016 ini. “Harta itu janganlah hendaknya beredar di kalangan orang-orang kaya saja di antara kamu sekalian,” tukas Cucun mengutip Quran Suarat Al Hasyr Ayat 7.

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.