|  | 

Profil Anggota

A. HELMY FAISHAL ZAINI

1236

A. Helmy Faishal Zaini di Cirebon pada 1 Agustus 1972. Helmy menghabiskan masa kecil tepatnya di kecamatan Babakan yang merupakan pintu gerbang kabupaten di sisi utara Cirebon. Saya menyelesaikan studi sarjana strata satu di Universitas Darul Ulum Jombang, jurusan Teknik Sipil, kemudian melanjutkan pendidikan untuk memperoleh gelar Magister di Universitas Paramadina, Jakarta.

Perjalanan semasa kuliah inilah yang membawa Helmy menjadi aktivis organisasi, mulai dari area pengayaan wacana di bidang jurnalistik sampai tingkat demonstrasi yang memacu adrenalin. Sampai suatu ketika pada tahun 1996 Helmy hijrah ke Jakarta untuk ikut dalam barisan pro reformasi.

Aktivitas politik Helmy secara konsisten di Partai Kebangkitan Bangsa, mulai dari anggota Komite Pendeklarasian PKB, sekretaris umum pada Konfrensi Nasional I PKB, ketua bidang Organisasi dan Pemuda DPP PKB, sekretaris bidang Pendidikan dan Pengkaderan Politik DPP PKB, ketua DPP PKB, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (2004-2009), sampai pada akhirnya Helmy dipercaya sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (2009-2014), dan kini kembali terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (2014-2019). Saat ini helmy juga dipercaya untuk menjadi Ketua Fraksi PKB DPR RI.

Di tengah-tengah kesibukan, Helmy selalu meluangkan waktu untuk menyalurkan hobi yang sudah Helmy tekuni sejak masih duduk di bangku SMA, yakni fotografi. Banyak karya foto baik potrait maupun landscape yang bertemakan budaya dan sosial, salah satu karya besar yang sudah Helmy abadikan adalah “My Homeland”, sebuah buku fotografi yang merupakan cita-cita yang telah lama Helmy simpan untuk berbagi cerita tentang Indonesia yang dipandang dari sudut keindahan, kemanusiaan dan terutama melihat yang selama ini tak terlihat. Helmy juga seorang kolektor piringan hitam. Beberapa koleksi favorit Helmy bisa dilihat di kategori piringan hitam.

Related Articles