|  | 

Berita Nasional

SHOLAWAT BARZANJI GETARKAN KOMPLEKS RUMAH DINAS DPR

IMG_9784

JAKARTA – Alunan sholawat Barzanji berkumandang di sela malam Kalibata, selasa malam (7/4). Dalam satu lantunan irama, gemuruh sholawat itu bersenandung menggetarkan hati setiap penghuni rumah dinas DPR RI. Dari dalam Masjid nampak anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) kompak dan khusyuk dalam penghayatan sholawat BarjanZi.

Hadir dalam pengajian itu, Ketua Fraksi Helmy Faisal Zaini dan Sekretris Fraksi Jazilul Fawaid, serta sejumlah anggota F-PKB, yaitu: Maman Imanulhaq, Syaikhul Islam, Marwan Dasopang, Nihayatul Wafiroh, dan An’im Mahrus.

Pengajian Ratib Hadad dan Barzanji tersebut, menurut Ketua F-PKB Helmy Faisal Zaini, adalah kegiatan rutin seluruh jajaran anggota F-PKB dalam menjaga tradisi Islam Indonesia. “Pengajian ini rutin dilakukan setiap bulan, sebagai upaya menjaga tradisi”, ungkap Helmy.

Barzanji adalah kitab sholawat yang berisi tentang sejarah, sya’ir dan sholawat kepada Nabi Muhammad saw. Dalam tradisi NU, pengajian ini menjadi ritus yang mengingatkan dan menguatkan umat agar terus meneladani kesantunan rosulullah.

Hal inilah, lanjut Helmy, merupakan tanggungjawab F-PKB untuk terus mentradisikannya. “Ya ini memang bukan pengajian besar yang melibatkan banyak orang. Tapi biar sedikit, bagi kami yang penting adalah istiqomahnya (konsistensi-red),” jelasnya.

Selain Ratib Hadad dan Sholawat Barzanji, pengajian tersebut juga diisi dengan pengajian tashawuf bersama KH. Lukman Hakim, dan pemberian santunan kepada 100 anak yatim piatu. (eR2)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.