|  | 

Berita Nasional

Cegah Kebakaran Gedung, FPKB Usulkan Sanki Tegas Bagi Kontraktornya

Jakarta-Banyaknya bangunan dan gedung yang terbakar belakangan ini membuat Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR RI Jazilul Fawaid mengusulkan agar para kontraktor yang membangun gedung tersebut ikut bertanggungjawab. Kalau perlu, lanjutnya, mereka harus diberi sanksi yang tegas dan keras.

Demikian diungkapkan Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan Jawa Timur ini dalam sebuah diskusi Forum Legeslasi bertajuk "RUU Jasa Konstruksi " di Jakarta, Selasa (30/3/15).

"Kita hampir setiap hari menyaksikan gedung dan jembatan yang roboh karena tidak ada sanksi hukum yang tegas terhadap kontraktor bangunan. Padahal, banyak menelan korban jiwa. Untuk itu, ke depan  harus ada sanksi yang tegas terhadap perusahaan jasa konstruksi yang tidak profesional dan tidak pula bertanggungjawab," kata Jazil.

Ia menuturkan, banyaknya bangunan dan gedung yang roboh selama ini, akibat tidak mempertimbangkan standar keselamatan.

Oleh karena itu, dirinya mengusulkan agar dalam revisi UU No 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi harus dilengkapi dengan sanksi hukum yang tegas, agar kontraktor dalam menjalankan pekerjaannya benar-benar profesional dan independen dengan mempertimbangkan berbagai aspek; baik ketahanan bangunan, keselamatan, design yang sesuai dengan budaya bangsa, dan asing harus bekerja sama dengan Indonesia.(SP)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.