|  | 

Pojok Parlemen

Pilih Ketua MPR, kubu Jokowi-JK dukung DPD

Koalisi parpol pendukung Jokowi-Jusuf Kalla mendukung perwakilan Dewan Pimpinan Daerah, DPD sebagai Ketua MPR yang pemilihannya akan digelar pada Senin (06/10) besok.

Seorang pengamat politik menilai, putusan ini diambil kubu pendukung Jokowi-JK sebagai upaya mengurangi dominasi kubu Koalisi pendukung Prabowo-Hatta yang sejauh ini menguasai kursi parlemen.

Keputusan politik ini diambil dalam pertemuan para pimpinan partai pendukung koalisi ini di kediaman Ketua umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnputri, yang berakhir Minggu (05/10) sore.

"Kita bersepakat bahwa Insya Allah kita akan mendorong dan mendukung DPD untuk menjadi ketua MPR," kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, PKB, Muhaimin Iskandar, usai pertemuan, kepada wartawan.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Daerah, DPD telah mengajukan diri sebagai Ketua MPR yang ditujukan sebagai "faktor penaut seluruh kekuatan politik" diantara dua kubu yang saling bersaing.

"Kekuatan politik sekarang terpolarisasi ke dua kubu. Oleh karena itu, kami menyediakan diri sebagai faktor penaut seluruh kekuatan politik," kata Bambang Sadono, Ketua kelompok DPD di di MPR, Jumat (03/10) lalu.

Menetralisir kubu Prabowo

Pengamat politik dari Fisip Universitas Indonesia, Maswadi Rauf mengatakan, keputusan politik koalisi parpol pendukung Jokowi-Jusuf Kalla mendukung perwakilan DPD untuk duduk di kursi pimpinan MPR merupakan upaya untuk "menetralisir kemenangan Koalisi Merah Putih."

"Karena sudah hampir dipastikan pimpinan MPR akan dikuasai Koalisi Merah Putih, dan memang mereka tidak akan mau melepaskan (kursi pimpinan MPR) kepada pihak lain," kata Maswadi Rauf kepada wartawan BBC Indonesia, Heyder Affan, Minggu (05/10) malam.

Dan, "karena Koalisi Indonesia Hebat (kubu parpol pendukung Jokowi-Jusuf Kalla) sudah pasti tidak dapat jatah pimpinan MPR, maka cara yang bisa ditempuh mereka adalah dengan menawarkan jabatan ketua MPR ke DPD," tambah Maswadi.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari kubu Koalisi Merah Putih tentang siapa yang dipilih sebagai Ketua MPR.

Sejumlah pemberitaan menyebutkan bahwa kemungkinan besar kubu Prabowo-Hatta akan menempatkan perwakilan Partai Demokrat sebagai Ketua MPR.

Dalam pemilihan Ketua dan pimpinan MPR yang akan digelar Senin (06/10) besok, perwakilan partai politik dan DPD akan memilih lima orang pimpinan MPR dan ketuanya.

Empat kursi pimpinan MPR akan diduduki perwakilan parpol dan satu lagi akan diduduki perwakilan DPD.(bbc)

Related Articles

Kata Mutiara

“Keberhasilan seorang pemimpin diukur dari kemampuan mereka dalam menyejahterakan umat yang mereka pimpin” --- Gusdur

A new version of this app is available. Click here to update.